Show simple item record

dc.contributor.authorLa Haja
dc.date.accessioned2013-12-06T07:05:10Z
dc.date.available2013-12-06T07:05:10Z
dc.date.issued2013-12-06
dc.identifier.nimNIM070210204030
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/5677
dc.description.abstractPenelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas secara kolaboratif. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, dilakukan secara kolaboratif antara peneliti dan guru. Data penelitian diperoleh dari hasil observasi, tes, wawancara. Analisis data yang dilakukan yaitu data kuantitatif dan data kualitatif. Penerapan media gambar berseri pada pembelajaran menulis narasi kelas IV SDN Kebonsari 04 Jember dilaksanakan dengan dua suklus yaitu suklus I dan siklus II. Penerapan sikuls I dan Siklus II dalam pembelajaran melalui media gambar berseri ini dapat dilakukan dengan langkah-langkah 1) mula-mula guru mempersiapkan gambar berseri, 2) tiap siswadiberikan media gambar berseri, 3) siswa diinstruksikan untuk memperhatikan dan mempelajari gambar berseri tersebut, 4) siswa diminta menentukan topik yang sesuai dengan gambar berseri, 5) siswa harus menceritakan setiap gambar dalam kata-kata atau kalimatnya sendiri apa arti gambar berseri yang mereka perhatikan dan 6) hasil pengamatan siswa disusun dalam kerangka karangan (siswa membuat satu kalimat sesuai dengan jumlah gambar) serta mengembangkannya menjadi karangan yang utuh. Penerapan media gambar berseri dalam pembelajaran menulis narasi pada siklus I berjalan lancar sesuai rencana pelaksanaan pembelajaran yang telah disiapkan, berdasarkan dari hasil tulisan narasi siswa, masih beberapa siswa mengalami kesulitan dalam menentukan penggunaan ejaan dan tanda baca, sehingga dalam pelaksanaan siklus II guru lebih menekankan pada penjelasan penggunaan ejaan dan tanda baca, berdasarkan hasil tulisan narasi siswa pada siklus II mengalami peningkatan Kemampuan siswa dalam Menulis Narasi dengan media gambar berseri pada kelas IV SDN Kebonsari 04 Jember mengalami peningkatan. Hal ini dapat dilihat dari perbandingan hasil menulis narasi siswa pada sebelum menggunakan media gambar berseri (prasiklus), siklus I dan siklus II. Sebelum menggunakan media gambar berseri (prasiklus) terdapat 21 orang siswa yang mencapai nilai ≥ 60. Setelah diterapkan pembelajaran menggunakan media gambar berseri, pada siklus I terdapat 34 orang siswa yang mencapai nilai ≥ 60. Pada siklus II yang merupakan perbaikan dari siklus I, yang mendapat nilai ≥ 60 sebanyak 38 siswa atau 77,55% dari total 49 siswa. Jadi secara klasikal (≥ 70% dari jumlah siswa), siswa kelas IV di SDN Kebonsari 04 Jember yang mencapai ketuntasan nilai adalah 77,55 %.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries070210204030;
dc.subjectKemampuan Menulis Narasi, Media Gambar Berserien_US
dc.titleMENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS NARASI DENGAN MEDIA GAMBAR BERSERI PADA SISWA KELAS IV SDN KEBONSARI 04 JEMBERen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record