• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR IPA PADA POKOK BAHASAN GERAK BENDA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING BAGI SISWA KELAS III DI SDN KEPATIHAN 03 KABUPATEN JEMBER TAHUN PELAJARAN 2010/2011

    Thumbnail
    View/Open
    L. Muh. Miftahudin.pdf (328.9Kb)
    Date
    2013-12-06
    Author
    L. MUH. MIFTAHUDIN
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini dilakukan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas III SDN Kepatihan 03 Jember dalam mata pelajaran IPA pokok Bahasan Macam-macam Gerak Benda melalui model pembelajaran Quantum Teaching tahun pelajaran 2010/2011. Pengambilan data dalam penelitian ini, dilaksanakan di SDN Kepatihan 03 Kecamatan Kaliwates, dimulai pada tanggal 24 Mei 2011 sampai tanggal 27 Mei 2011, subyek penelitian adalah siswa kelas III dengan jumlah siswa 24 siswa. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Desain yang dipakai dalam penelitian ini adalah model skema kemis dan taggar dengan tahap penelitian tindakan yang meliputi perencanaan (planning), tindakan (action), pengamatan (observation), dan refleksi (reflection). Pengumpulan data menggunakan metode observasi, tes, dan wawancara. Data yang dikumpulkan berupa analisis jawaban siswa terhadap tes akhir siklus I, dan tes akhir sklus II, analisis motivasi siswa selama proses pembelajaran IPA, serta jawaban siswa terhadap wawancara yang dilakukan peneliti. Penggunaan model pembelajaran Quantum Teaching pada pembelajaran IPA materi macam-macam gerak benda ini efektif karena dapat meningkatkan motivasi belajar siswa, kemampuan akademik dan aktifitas siswa dalam proses belajar mengajar. Persentase hasil tes formatif mengalami peningkatan pada siklus I sampai dengan siklus II dari 28.3% menjadi 80.2%. Motivasi belajar siswa meningkat pada siklus I sampai dengan siklus II dari 54.5% menjadi 72%. Peningkatan aktivitas diatas, ` dapat dilihat bahwa dengan bermain peran dapat meminimalisir kekurangan dari pembelajaran tersebut. Hasil dari penelitian ini adalah pengunaan model pembelajaran Quantum Teaching pada mata pelajaran IPA pokok bahasan macam-macam gerak benda dikatakan dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa baik secara individu maupun secara klasikal. Hal ini terbukti dengan adanya peningkatan persentase hasil belajar siswa kelas III SDN Kepatihan 03 Jember Kecamatan Kaliwates, Kabupaten Jember pada siklus I sampai siklus II. Pada siklus I, ketuntasan hasil belajar secara klasikal mencapai 28% siswa yang mengalami ketuntasan hasil belajar. Sedangkan pada siklus II, ketuntasan hasil belajar secara klasikal mencapai 80,2% siswa yang mengalami ketuntasan hasil belajar.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/5675
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15274]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository