Show simple item record

dc.contributor.authorKhusnul Setiya Anzasari
dc.date.accessioned2013-12-06T06:53:47Z
dc.date.available2013-12-06T06:53:47Z
dc.date.issued2013-12-06
dc.identifier.nimNIM080210204243
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/5662
dc.description.abstractPenelitian ini dilaksanakan di SDN Padomasan 01 kecamatan Jombang Kabupaten Jember. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas V dengan jumlah siswa sebanyak 30 orang, yang terdiri dari 17 orang siswa laki-laki dan 13 orang siswa perempuan. Siswa dibagi menjadi 6 kelompok yang masing-masing kelompok beranggotakan 5 orang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitiannya adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan sebanyak 2 siklus. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, dokumentasi, wawancara, angket, dan tes. Teknik analisa data yang digunakan adalah data kualitatif dan kuantitatif. Pengambilan data dilakukan mulai tanggal 27 s.d 30 Juli dan tanggal 03 s.d 06 Agustus 2010. Data yang dikumpulkan berupa penilaian aktivitas siswa, aktivitas guru, dan hasil tes. Pada prasiklus rata-rata aktivitas siswa pada pertemuan pertama dan kedua mencapai 24,66% dan 24,89%, sehingga rata-rata aktivitas siswa pada prasiklus sebesar 24,77% dengan kategori kurang aktif. Pada siklus I aktivitas siswa pada kedua pertemuan mencapai 62,66% dan 73,55%, sehingga rata-rata aktivitas siswa pada siklus I sebesar 68,11% dengan kategori aktif. peningkatan aktivitas siswa dari prasiklus ke siklus I sebesar 43.34%. Pada siklus II aktivitas siswa pada masingmasing pertemuan sebesar 78,22% dan 87,99%, sehingga rata-rata aktivitas siswa pada siklus II mencapai 83,11% dengan kategori sangat aktif. Untuk aktivitas siswa dari siklus I dan siklus II mengalami peningkatan persentase sebesar 15%. Pada prasiklus nilai pada pelajaran IPA dikelas IV dengan rata-rata hasil belajarnya mencapai 60,3. Pada siklus I nilai rata-rata hasil belajar yang diperoleh mencapai 66,67, sehingga peningkatan rata-rata hasil belajar dari prasiklus kesiklus I mencapai 6,37. Pada siklus II nilai rata-rata hasil belajarnya mencapai 76, sehingga rata-rata hasil belajar dari siklus I dan siklus II mengalami peningkatan sebesar 9,33. Pada prasiklus persentase ketuntasan klasikal mencapai 43,33%. Sedangkan ketuntasan belajar siswa pada siklus I termasuk dalam kriteria baik dengan persentase 83,33%. Peningkatan ketuntasan hasil belajar dari prasiklus kesiklus I mencapai 40%. Pada siklus II ketuntasan belajar siswa termasuk dalam kriteria sangat baik dengan persentase ketuntasan 90%, sehingga persentase ketuntasan belajar siswa dari siklus I dan siklus II mengalami peningkatan sebesar 6,67%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penggunaan metode pembelajaran Learning Together dengan teka-teki silang dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA siswa kelas V SDN Padomasan 01 tahun ajaran 2010/2011.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080210204243;
dc.subjectAktivitas dan Hasil Belajar, Learning Together (LT), Media Teka-Teki Silangen_US
dc.titlePENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MELALUI LEARNING TOGETHER (LT) DENGAN MEDIA TEKA-TEKI SILANG PADA POKOK BAHASAN PERNAPASAN SISWA KELAS V SDN PADOMASAN 01 KABUPATEN JEMBER TAHUN PELAJARAN 2010/2011en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record