dc.description.abstract | Untuk mendapatkan performa mesin yang maksimal salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan melakukan modifikasikasi pada poros bubungan (camshaft). Ubahan dapat dilakukan dengan mengubah atau memodifikasi waktu membuka dan menutupnya katup. Seperti yang telah diketahui bahwa besar tenaga yang dihasilkan oleh mesin dipengaruhi oleh banyaknya gas sisa yang keluar pada ruang bakar. Banyaknya campuran udara dan bahan bakar yang masuk dan gas sisa pembakaran diatur oleh durasi buka tutup katup. Untuk itu lah perlu dilakukan penelitian sejauh mana pengaruh ubahan durasi oleh camshaft terhadap peningkatan daya dan torsi mesin, yang selanjutnya dapat diperoleh ukuran durasi pasti yang paling sesuai untuk menghasilkan daya dan torsi yang besar. Daya efektif yang dihasilkan pada variasi durasi camshaft
220° yaitu pada RPM 6000 sebesar 7,7 HP, variasi durasi camshaft 227°; yaitu pada RPM 6500 sebesar 8,49
HP, variasi durasi camshaft 233°; yaitu pada RPM 6500 sebesar 8,77 HP, variasi durasi camshaft 239°; yaitu pada RPM 6500 sebesar 9,53 HP. Momen putar rata - rata maksimum yang dihasilkan pada variasi durasi camshaft 220°; yaitu pada RPM 6000 sebesar 1,37 N.m. Variasi durasi camshaft 227°; yaitu pada RPM 6000 sebesar 1,43 N.m. Variasi durasi camshaft 233°; yaitu pada RPM 6000 sebesar 1,47 N.m. Variasi durasi camshaft 239°; yaitu pada RPM 6500 sebesar 1,51 N.m. | en_US |