• Login
    View Item 
    •   Home
    • LECTURER SCIENTIFIC PUBLICATION (Publikasi Ilmiah)
    • Karya Deposit Ilmiah
    • Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
    • View Item
    •   Home
    • LECTURER SCIENTIFIC PUBLICATION (Publikasi Ilmiah)
    • Karya Deposit Ilmiah
    • Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR FISIKA DITINJAU DARI KEMAMPUAN PENALARAN ILMIAH SISWA SMAN 5 MALANG

    Thumbnail
    View/Open
    Rayendra Wahyu Bachtiar.pdf (61.55Kb)
    Date
    2014-03-28
    Author
    Rayendra Wahyu Bachtiar
    Muhardjito
    Markus Diantoro
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    kebermaknaan siswa dalam belajar diindikasikan dengan siswa mampu untuk menyelesaikan berbagai masalah. Model pembelajaran berbasis masalah merupakan desain pembelajaran yang dapat mengembangkan keterampilan siswa dalam memecahkan masalah secara ilmiah. Selain itu, kemampuan siswa menyelesaikan masalah juga dipengaruhi oleh kemampuan penalaran ilmiah siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji efektivitas model pembelajaran berbasis masalah terhadap prestasi belajar fisika siswa ditinjau dari tingkatan kemampuan penalaran ilmiah siswa. Perlakuan model PBL diberikan kepada 3 kelas eksperimen yang dipilih secara acak dan 3 kelas kontrol dilakukan pembelajaran secara konvensional. Data prestasi belajar dikumpulkan dengan tes prestasi belajar fisika dan data kemampuan penalaran ilmiah dikumpulkan dengan tes penalaran ilmiah. Hasil penelitian adalah: (1) prestasi belajar fisika siswa yang belajar dengan model PBL lebih tinggi dibandingkan siswa yang belajar dengan model konvensional, (2) terdapat interaksi antara model pembelajaran PBL dengan kemampuan penalaran ilmiah siswa terhadap prestasi belajar fisika, (3) prestasi belajar fisika siswa hypothetical deductive, yang belajar dengan model PBL lebih tinggi daripada model konvensional, (4) prestasi belajar fisika siswa empirical inductive, yang belajar dengan model pembelajaran PBL lebih tinggi daripada model konvensional.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/56522
    Collections
    • Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan [298]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository