Show simple item record

dc.contributor.authorMaryani
dc.date.accessioned2014-03-28T02:02:05Z
dc.date.available2014-03-28T02:02:05Z
dc.date.issued2014-03-28
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/56518
dc.descriptionSEMINAR NASIONAL MIPA DAN PMIPA I 31 Maret 2013 FKIP UNIVERSITAS JEMBERen_US
dc.description.abstractFisika merupakan ilmu fundamental yang menjadi dasar perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Upaya siswa dalam mempelajari fisika sering menemui hambatan-hambatan yang disebabkan adanya anggapan bahwa fisika sebagai pelajaran yang sulit dipahami, dan didukung oleh pengajaran fisika yang tidak menarik. Potensi terjadinya miskonsepsi yaitu adanya prakonsepsi siswa, yang bersumber dari pikiran siswa sendiri atau sumber-sumber lain yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar mahasiswa mengalami miskonsepsi terhadap konsep muatan listrik statis. Miskonsepsi terjadi disebabkan oleh ketidakmampuan mahasiswa dalam memaknai konsep muatan elementer pada benda dan hubungan/ interaksi antara satu jenis muatan dengan muatan lainnya. Alternatif upaya untuk mengatasi terjadinya miskonsepsi diantaranya dengan merancang pembelajaran yang memberikan pengalaman belajar langsung kepada mahasiswa, misalnya melalui metode demontrasi.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.subjectmiskonsepsi, muatan listrik statisen_US
dc.titleANALISIS MISKONSEPSI MUATAN LISTRIK STATIS PADA MAHASISWA PROGRAM PENDIDIKAN FISIKA FKIP UNIVERSITAS JEMBERen_US
dc.typeArticleen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record