Show simple item record

dc.contributor.authorWIDA ZANNAH ZEILA
dc.date.accessioned2014-03-28T00:34:06Z
dc.date.available2014-03-28T00:34:06Z
dc.date.issued2014-03-28
dc.identifier.nimNIM090210101031
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/56496
dc.description.abstractPengambilan data dimulai tanggal 23 sampai 24 September 2013. Data yang diambil dalam penelitian ini dilakukan dengan metode validasi perangkat pembelajaran, tes, wawancara, observasi, dan pengisian angket. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan divalidasi oleh validator untuk mengetahui koefisien validitasnya. Aktifitas guru pada pembelajaran dianalisis untuk mengetahui kepraktisan perangkat pembelajaran. Angket respon siswa, observasi aktifitas siswa, dan nilai THB dianalisis untuk mengetahui efektifitas perangkat pembelajaran. Koefisien validitas untuk rencana pelaksanaan pembelajaran, buku siswa, lembar kerja sisws, tes hasil belajar, dan komik pop up secara berurutan adalah 0,77; 0,81; 0,83; 0,81; 0,80. Dengan demikian perangkat pembelajaran matematika berbantuan komik pop up dengan model PBI telah valid. Analisis data pengamatan aktifitas guru pada pertemuan pertama dan kedua mencapai 86,7% dan 3,37%. Dengan demikian perangkat pembelajaran matematika berbantuan komik pop up dengan model PBI telah praktis. Analisis aktifitas siswa pada pertemuan pertama dan kedua adalah 89,2% dan 92,2%. Analisis hasil nilai ujian siswa pada THB, persentase siswa yang mendapat nilai ≥ 60 adalah sebesar 100% atau sebanyak 32 siswa. Analisis data rata-rata respon siswa 81,9% merespon positif. Dari hasil aktifitas siswa, nilai ujian siswa pada THB, dan respon siswatersebut dapat dinyatakan bahwa perangkat pembelajaran telah memenuhi kriteria keefektifan. Berdasarkan kriteria pengembangan perangkat yang telah ditentukan yaitu kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan, maka pengembangan perangkat pembelajaran matematika dengan model PBI berbantuan komik pop up pada sub pokok abahsan kubus dan balok dapat dinyatakan valid, praktis, dan efektif.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries090210101031;
dc.subjectKomik Pop Up, Problem Based Instruction (PBI), Kubus Dan Baloken_US
dc.titlePENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBANTUAN KOMIK POP UP DENGAN MODEL PROBLEM BASED INSTRUCTION (PBI) SUB POKOK BAHASAN KUBUS DAN BALOK UNTUK SISWA SMP KELAS VIIIen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record