Show simple item record

dc.contributor.authorRINI AYUNING TYAS
dc.date.accessioned2014-03-28T00:20:55Z
dc.date.available2014-03-28T00:20:55Z
dc.date.issued2014-03-28
dc.identifier.nimNIM080210191053
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/56491
dc.description.abstractMatematika adalah ilmu pengetahuan tentang bilangan penalaran logis, faktafakta kuantitatif, dan masalah tentang ruang dan bentuk (Soedjadi, 2000: 11). Bagi sebagian besar siswa matematika masih dianggap mata pelajaran yang sulit untuk dikuasai sehingga matematika menjadi mata pelajaran yang kurang disenangi. Hal ini sangat memungkinkan bagi siswa untuk melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal pecahan. Oleh karena itu, diperlukan perbaikan model pembelajaran yang sangat efisien yang dapat mengurangi kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal pecahan. Penerapan kooperatif dengan Mind Mapping diharapkan berguna dalam melakukan upaya perbaikan dan penyempurnaan kegiatan pembelajaran matematika untuk mengurangi kesalahan siswa dalam mengerjakan soal pecahan. Pada penelitian ini diterapkan model pembelajaran kooperatif dengan tehnik Mind Mapping dengan tujuan: (1) mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif dengan tehnik Mind Mapping untuk mengatasi kesalahan siswa menyelesaikan soal pecahan, (2) mengkaji kecenderungan kesalahan yang dilakukan siswa kelas VII untuk menyelesaikan soal pecahan (3) mengkaji keefektifan pembelajaran kooperatif dengan tehnik Mind Mapping untuk mengatasi kesalahan siswa menyelesaikan soal pecahan. Subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas VIIA SMP Negeri 14 Jember. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dengan metode observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, dengan masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan dan satu kali tes di akhir siklus. Siklus I dilaksanakan tanggal 28 Agustus 2013 dan 3 September 2013. Siklus II dilaksanakan pada tanggal 4 September 2013 dan 10 September 2013.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080210191053;
dc.subjectPembelajaran Koopertif, Tehnik Peta Pikiranen_US
dc.titlePENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN TEHNIK PETA PIKIRAN (MIND MAPPING) UNTUK MENGATASI KESALAHAN SISWA MENYELESAIKAN SOAL PECAHAN DI KELAS VII SMP NEGERI 14 JEMBER SEMESTER GANJIL TAHUN AJARAN 2013/2014en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record