ANALISIS MISKONSEPSI TOPIK TEKANAN PADA SISWA SMA DAN MAHASISWA PENDIDIKAN FISIKA
dc.contributor.author | Binar Kurnia Prahani | |
dc.contributor.author | Supeno | |
dc.date.accessioned | 2014-03-27T07:17:53Z | |
dc.date.available | 2014-03-27T07:17:53Z | |
dc.date.issued | 2014-03-27 | |
dc.identifier.uri | http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/56484 | |
dc.description | SEMINAR NASIONAL MIPA DAN PMIPA I 31 Maret 2013 FKIP UNIVERSITAS JEMBER | en_US |
dc.description.abstract | Penelitian ini fokus pada analisis miskonsepsi topik tekanan yang dialami oleh siswa SMA dan mahasiswa pendidikan fisika. Tujuan penelitian ini adalah: 1) untuk mendeteksi miskonsepsi yang terjadi pada siswa dan mahasiswa khususnya pada topik tekanan; 2) untuk mendeskripsikan penyebab terjadinya miskonsepsi; dan 3) untuk menjelaskan alternatif solusi remidiasi miskonsepsi pada topik tekanan oleh siswa dan mahasiswa. Subyek penelitian adalah mahasiswa Fisika FKIP Universitas Jember dan siswa di kelas X SMA Negeri Tanggul tahun ajaran 2012-2013. Miskonsepsi pada siswa dan mahasiswa dideteksi menggunakan tes dan wawancara dengan acuan dari diagram representasi tingkat keyakinan dan penguasaan konsep. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar siswa dan mahasiswa mengalami miskonsepsi dalam memaknai tekanan pada zat cair dan tekanan pada gas. Remidiasi miskonsepsi dapat dilakukan dengan demonstrasi, pengkontruksian konsep, keterampilan berpikir kritis sehingga dapat digunakan untuk mengevaluasi informasi baru atau situasi-situasi membenarkan konsep yang awalnya terjadi miskonsepsi. Alternatif lain adalah dengan menggunakan pembelajaran inkuiri terbimbing yang membuat pembelajaran dan konsep akan lebih bermakna bagi siswa dan mahasiswa. | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.subject | miskonsepsi; tekanan | en_US |
dc.title | ANALISIS MISKONSEPSI TOPIK TEKANAN PADA SISWA SMA DAN MAHASISWA PENDIDIKAN FISIKA | en_US |
dc.type | Article | en_US |