Show simple item record

dc.contributor.authorIIS ERNAWATI
dc.date.accessioned2014-03-27T05:25:14Z
dc.date.available2014-03-27T05:25:14Z
dc.date.issued2014-03-27
dc.identifier.nimNIM090210101098
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/56477
dc.description.abstractHasil dan kesimpulan yang diperoleh adalah sebagai berikut : (1) Penerapan strategi pembelajaran pemecahan masalah berdasarkan teori wankat dan oreovocz pada pokok bahasan sistem persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel sudah berjalan dengan lancar. Meskipun masih banyak kekurangannya. (2) Hasil yang diperoleh dari pembelajaran yang dilakukan menunjukkan peningkatan aktivitas siswa. Pada Siklus I aktivitas siswa secara individu sebesar 67,35% dengan kategori “Cukup Aktif”. Pada Siklus II aktivitas siswa mengalami kenaikan sebesar 75,06% dengan kategori “Sangat Aktif”. Hal ini menunjukkan bahwa siswa begitu antusias terhadap pembelajaran matematika yang diterapkan guru (3) Hasil belajar siswa pada strategi pembelajaran pemecahan masalah berdasarkan teori wankat dan oreovocz pada pokok bahasan sistem persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel mengalami penurunan dari Siklus I dan Siklus II. Pada Siklus I, terdapat 15 siswa tuntas dan 6 siswa belum tuntas dalam belajarnya. Secara klasikal hasil belajar pada siklus I memiliki presentase sebesar 71,43%. Sedangkan pada siklus II terdapat 14 siswa yang tuntas dan 7 siswa belum tuntas belajarnya. Dan secara klasikal hasil belajar pada siklus II memiliki presentase sebesar 66,67%. Dari presentase yang diperoleh tersebut, menunjukkan bahwa pada setiap siklus sudah memenuhi standar minimal yang tuntas yaitu di atas 60%. Meskipun pada nilai akhir siklus II mengalami penurunan akan tetapi pada nilai tes siklus II mengalami peningkatan dari 59,97% menjadi 79,97%. Kesimpulan dari hasil analisis data dan pembahasan bahwa penerapan strategi pembelajaranpemecahan masalah berdasarkan teori Wankat dan Oreovocz cukup efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa dan aktivitas siswa pada materi Sistem Persamaan Linear Satu Variabel. Hal ini terlihat dari ketuntasan setiap siklus.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries090210101098;
dc.subjectTeori Wankat dan Oreovocz, Persamaan dan Pertidaksamaan Linearen_US
dc.titlePENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN PEMECAHAN MASALAH BERDASARKAN TEORI WANKAT DAN OREOVOCZ DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN SISTEM PERSAMAAN DAN PERTIDAKSAMAAN LINEAR SATU VARIABEL DI KELAS VII SMP MOCH. SROEDJI JEMBER TAHUN AJARAN 2013/2014en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record