dc.description.abstract | Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah penerapan model
pembelajaran aptitude treatment interaction berjalan sesuai dengan kerangka
konseptual model pembelajaran aptitude treatment interaction, hal ini dapat
dilihat bahwa persentase aktivitas guru dalam siklus 1 dengan siklus 2 meningkat
3,03% yaitu dari 90,91% menjadi 93,94%, sedangkan persentase aktivitas siswa
meningkat 5,25% yaitu dari 77,14% menjadi 82,39%. Untuk persentase motivasi
belajar siswa juga meningkat 2-5% tiap siklus dari tiap indikator. Contohnya
indikator reaksi yang ditunjukkan siswa terhadap stimulus yang diberikan guru
terjadi peningkatan 5,31%. Semakin meningkat persentase motivasi belajar siswa,
aktivitas belajar siswa dan juga ketercapaian guru dalam pembelajaran
menjadikan hasil belajar siswa meningkat.
Hasil belajar siswa pada penerapan model pembelajaran aptitude treatment
interaction pada pokok bahasan faktorisasi suku aljabar kelas VIIIA SMP Negeri
2 Glenmore semester gasal tahun pelajaran 2013/2014 dapat meningkat, hal ini
terjadi adanya peningkatan hasi tes 1 (ketuntasan secara klasikal 85%), pada tes 2
(ketuntasan secara klasikal 90%). | en_US |