Show simple item record

dc.contributor.authorDeztyra Nur Imamah
dc.date.accessioned2014-03-27T05:10:38Z
dc.date.available2014-03-27T05:10:38Z
dc.date.issued2014-03-27
dc.identifier.nimNIM080210191008
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/56471
dc.description.abstractPengambilan data ini dilaksanakan pada tanggal 22 Oktober 2013 – 30 Oktober 2013. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Data yang diperoleh pada penelitian dianalisis secara deskriptif kualitatif meliputi aktivitas guru, aktivitas siswa, ketuntasan hasil belajar, dan hasil wawancara. Dari hasil observasi didapatkan pada siklus I rata-rata persentase aktivitas siswa mencapai 65,43% (aktif) dan pada siklus II rata-rata persentase aktivitas siswa mencapai 70,10% (aktif) serta rata-rata persentase aktivitas kelompok pada siklus I mencapai 60,12% (aktif) dan pada siklus I rata-rata persentase aktivitas kelompok mencapai 75,60% (aktif). Sedangkan persentase rata-rata aktivitas guru pada siklus I mencapai 77,08% (sangat aktif) dan pada siklus II mencapai 91,67% (sangat aktif). Hasil analisis ketuntasan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran PCL, pada siklus I mencapai 80,00% dengan 7 siswa tidak tuntas belajar dan 28 siswa yang tuntas, dan pada siklus II mencapai 88,57% dengan 4 siswa tidak tuntas belajar dan 31 siswa yang tuntas. Secara keseluruhan ditinjau dari persentase aktivitas siswa dan guru, model pembelajaran Problem Centered Learning (PCL) dilaksanakan dengan baik. Penelitian ini juga dikategorikan berhasil ditinjau dari peningkatan aktivitas dan ketuntasan hasil belajar siswa dari Siklus I ke Siklus II.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080210191008;
dc.subjectProblem Centered Learning (PCL), Bahasan Operasi Hitung Bentuk Aljabaren_US
dc.titlePENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM CENTERED LEARNING (PCL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SUB POKOK BAHASAN OPERASI HITUNG BENTUK ALJABAR KELAS VII A SEMESTER GANJIL DI SMP NEGERI 14 JEMBER TAHUN AJARAN 2013/2014en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record