• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    MODEL INKUIRI TERBIMBING DISERTAI TEKNIK PETA KONSEP DALAM PEMBELAJARAN IPA DI MTs (Studi eksperimen model inkuiri terbimbing disertai teknik peta konsep terhadap sikap ilmiah dan hasil belajar IPA siswa kelas VII MTsN 2 Jember)

    Thumbnail
    View/Open
    Hasanatul Ulum - 090210102061_1.pdf (596.4Kb)
    Date
    2014-03-27
    Author
    Hasanatul Ulum
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Hasil analisa data uji hipotesis 1 diperoleh nilai rata-rata sikap ilmiah siswa kelas eksperimen yaitu 74,114 dan kelas kontrol yaitu 66,702, Setelah dilakukan uji Independent sample t test didapatkan nilai signifikansi (1-tailed) sebesar 0,0005 yang menunjukkan Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan kata lain nilai rata-rata sikap ilmiah siswa kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol. Hal ini berarti model inkuiri terbimbing disertai teknik peta konsep berpengaruh terhadap sikap ilmiah siswa dalam pembelajaran di MTs. Hasil analisa data uji hipotesis 2 diperoleh hasil belajar siswa pada kelas eksperimen yaitu 79,91 dan pada kelas kontrol 75,95 Setelah dilakukan uji Independent sample t test didapatkan nilai signifikansi (1-tailed) sebesar 0,045 yang menunjukkan Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan kata lain nilai rata-rata hasil belajar IPA kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol. Hal ini berarti model inkuiri terbimbing disertai teknik peta konsep berpengaruh terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran di MTs. Berdasarkan analisis data yang diperoleh, maka kesimpulan dari penelitian ini adalah (1) model inkuiri terbimbing disertai teknik peta konsep berpengaruh terhadap sikap ilmiah siswa dalam pembelajaran di MTs, dan (2) model inkuiri terbimbing disertai teknik peta konsep berpengaruh terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran di MTs.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/56452
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15274]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository