dc.description.abstract | Pembelajaran bahasa Indonesia di SD diarahkan agar siswa terampil
berkomunikasi baik secara lisan maupun tulis. Keterampilan Menulis surat pribadi
merupakan salah satu keterampilan menulis yang perlu diajarkan pada siswa
khususnya siswa kelas V sebagai kemampuan dasar yang harus dimiliki sebelum
mereka mempelajari surat-surat yang bersifat resmi atau dinas.
Observasi awal menunjukkan bahwa siswa masih mengalami kesulitan dalam
memahami materi pembelajaran menulis surat pribadi, mengungkapkan ide, pilihan
kata yang sesuai, serta kesulitan dalam penggunaan ejaan dan tanda baca yang tepat.
Sehingga hasil belajar siswa belum mencapai ketuntasan belajar.
Pembelajaran yang tergambar di atas kurang efektif, sehingga perlu adanya
perbaikan dalam kegiatan pembelajaran, yakni dengan menerapkan suatu strategi atau
pendekatan yang tepat dan efektif yang dapat merangsang minat siswa dalam belajar
menulis surat pribadi. Salah satu pendekatan yang dianggap sesuai adalah pendekatan
kontekstual. Pendekatan kontekstual merupakan salah satu strategi pembelajaran yang
dikembangkan dengan tujuan agar pembelajaran lebih bermakna bagi siswa.
Berdasarkan alasan yang telah dikemukakan, penelitian ini mengangkat
permasalahan sebagai berikut: 1) bagaimanakah prosedur penerapan pendekatan
kontekstual dalam meningkatkan kemampuan menulis surat pribadi pada siswa kelas
V SDN Kemiri 03 Panti Jember, 2) bagaimanakah hasil belajar siswa kelas V SDN
Kemiri 03 dalam menulis surat pribadi setelah pembelajaran dengan pendekatan
kontekstual. | en_US |