dc.description.abstract | Fakta di lapangan menunjukkan bahwa guru jarang menggunakan metode
pembelajarn baru dalam memotivasi hasil belajar siswa. Penerapan teknik
polamatika dengan media kartu dapat menjadi salah satu alternatif dalam cara
berhitung siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) menerapkan teknik
polamatika dengna media kartu untuk meningkatkan aktivitas siswa kelas III SDN
Kertosari 01 Pakusari-Jember, (2) mengetahui peningkatan hasil belajar siswa
setelah proses pembelajaran teknik polamatika dengan media kartu pada siswa
kelas III SDN Kertosari 01 Pakusari-Jember pada materi perkalian.
Penelitian ini dilaksanakan di SDN Kertosari 01 Pakusari-Jember kelas III
yang terdiri dari 40 orang siswa, dengan 13 orang siswa laki-laki dan 17 orang
siswa perempuan. Siswa dibagi menjadi delapan kelompok yang heterogen
dengan kemampuan akademik yang beragam. Penelitian ini menggunakan
pendekatan deskriptif kualitatif dan jenis penelitiannya adalah penelitian tindakan
kelas dengan pelaksanaan dua siklus. Teknik pengumpulan data dengan
menggunakan metode observasi, metode wawancara, metode tes dan metode
dokumentasi.
Polamatika adalah cara berhitung yang menggunakan alat bantu yang
dinamakan kolom polamatika. Kelebihan dari polamatika adalah penggunaan pola
bilangan tanpa menggunakan cara simpan seperti pada perkalian bersusun.
Pembelajaran polamatika pada siklus 1 mengalami peningkatan hasil belajar jika
dibandingkan dengan pembelajaran sebelumnya yang tidak menggunakan teknik
ix
polamatika yaitu dari 14 orang siswa yang mengalami ketuntasan hasil belajar
meningkat menjadi 17 orang siswa dari 40 orang siswa, jumlah siswa yang
mengalami peningkatan hasil belajar belum dapat dinyatakan tuntas secara
klasikal. Melihat hasil belajar siswa yang dicapai pada siklus 1, maka
pembelajaran dilanjutkan pada siklus 2. Pada siklus 2 peningkatan hasil belajar
yang dialami siswa dari siklus 1, yaitu dari 17 orang siswa menjadi 35 orang
siswa dari jumlah siswa seluruhnya 40 orang siswa yang mengalami peningkatan
hasil belajar. Peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa dipengaruhi oleh media
pembelajaran berupa permainan kartu dan teknik polamatika yang diaplikasikan
dalam pembelajaran, sehingga dapat memotivasi kemauan belajar siswa sebagai
satu pembelajaran yang baru dan menyenangkan.
Berdasarkan analisis data pada aktivitas siswa mengalami peningkatan
sebesar 15% yaitu pada siklus 1 mencapai 77,5% dan pada siklus 2 mencapai
92,5%. Ketuntasan hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan sebesar 45%.
Yaitu dari siklus 1 mencapai 42,5% dan pada siklus 2 mencapai 87,5%, dengan
hasil yang dicapai maka dapat danyatakan tuntas, dan pembahasan dapat
disimpulkan bahwa dalam pembelajaran terjadi peningkatan aktivitas dan hasil
belajar pada siswa kelas III SDN Kertosari 01 melalui penerapan teknik
polamatika dengan media kartu. | en_US |