dc.description.abstract | Berdasarkan permasalahan yang ada, tujuan dari penelitian ini adalah untuk
mendeskripsikan wujud kesantunan berbahasa antara penjual dan pembeli baju, serta
mendeskripsikan fungsi kesantunan berbahasa antara penjual dan pembeli baju dan
mendeskripsikan strategi kesantunan berbahasa antara penjual dan pembeli baju
dalam menerapkan kesantunan berbahasa.
Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian kualitatif dengan jenis
penelitian deskriptif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah penjual
dan pembeli baju dalam peristiwa jual beli di Pasar Pattok. Analisis data dilakukan
dengan mereduksi data atau dengan memilih data yang diperlukan sebagai bahan
penelitian, menyajikan data yaitu data telah diseleksi dan diklasifikasikan sesuai
dengan kode dan yang terakhir yaitu menarik kesimpulan.
Hasil dari analisis data, menunjukkan bahwa terdapat beberapa wujud
kesantunan dalam bentuk tindak tutur, yakni (a) kesantunan dalam menyapa, (b)
kesantunan dalam menjelaskan, (c) kesantunan dalam menyampaikan maksud/
informasi, (d) kesantunan dalam memberi komentar, (e) kesantunan dalam
menanyakan sesuatu, (f) kesantunan dalam menolak, (g) kesantunan dalam tawarmenawar.
(2) fungsi kesantunan berbahasa antara penjual dan pembeli baju yang
meliputi lima fungsi kesantunan berbahasa yaitu (a) fungsi penghormatan, (b) fungsi
keengganan, (c) fungsi penghindaran, (d) fungsi perayuan, (e) fungsi pemanjaan. (3)
strategi kesantunan berbahasa antara penjual dan pembeli baju yang meliputi dua
strategi kesantunan berbahasa yaitu (a) Penggunaan Sapaan penghormatan, (b)
Penggunaan Cara dan Sifat Penuturan. | en_US |