• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    KARAKTERISTIK WACANA IKLAN OBAT DI MAJALAH INTISARI SEBAGAI ALTERNATIF MATERI MENULIS IKLAN UNTUK SMA

    Thumbnail
    View/Open
    Fitriyatus Sholeha - 090210402029_1.pdf (1.132Mb)
    Date
    2014-03-26
    Author
    Fitriyatus Sholeha
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pada hasil penelitian adanya prawacana di iklan obat majalah Intisari dibedakan menjadi dua jenis yaitu prawacana dramatisasi dan prawacana uraian. Prawacana dramatisasi cenderung lebih menarik perhatian dengan kata-kata yang banyak mengundang keingintahuan pembaca, sehingga pembaca merasa terkesan dan selanjutnya membaca isi wacana. Prawacana uraian cenderung lebih menjelaskan produk obat yang ditawarkan sehingga menambah kejelasan isi pada wacana. Hasil penelitian adanya persuasif ditemukan dua jenis persuasif yaitu persuasif khusus (spesifikasi produk) dan persuasif umum. Persuasif khusus (spesifikasi produk) berupa ajakan yang lebih menekankan pada produk obat yang ditawarkan, penulis mengajak pembaca untuk menggunakan produk obat yang ditawarkan apabila mengalami masalah yang sama dengan iklan. Persuasif umum berupa ajakan yang tidak menekankan untuk menggunakan produk obat yang ditawarkan. Isi dari persuasif ini biasanya mengajak pembaca untuk melakukan hidup sehat atau mengonsumsi makanan yang mengandung banyak manfaat bagi tubuh. Hasil penelitian pada fungsi bahasa iklan yang terdapat dalam iklan obat di majalah Intisari terdapat fungsi informasi, fungsi persuasif, fungsi meneguhkan keputusan, fungsi mempercepat keputusan, dan fungsi membangun citra. Fungsi informasi bentuk wacana yang digunakan berupa deskripsi, bentuk wacana fungsi persuasif adalah menggunakan bentuk wacana persuasif, fungsi meneguhkan keputusan dan mempercepat keputusan mempunyai bentuk wacana argumentasi, dan fungsi membangn citra menggunakna bentuk wacana narasi. Hasil dan pembahasan dari penelitian karakteristik wacana iklan obat di majalah Intisari dapat dimanfaatkan sebagai alternatif materi menulis iklan untuk siswa SMA.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/56366
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15324]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository