dc.contributor.author | Wahyu Septianingtyas | |
dc.date.accessioned | 2014-03-26T01:57:22Z | |
dc.date.available | 2014-03-26T01:57:22Z | |
dc.date.issued | 2014-03-26 | |
dc.identifier.nim | NIM100210204029 | |
dc.identifier.uri | http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/56360 | |
dc.description.abstract | Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukkan aktivitas belajar siswa
yang semula pada pra siklus sebesar 32,8% dengan kategori kurang aktif, meningkat
menjadi 49,07% dengan kategori cukup aktif pada siklus I, dan pada siklus II
semakin meningkat menjadi 64,78% dengan kategori aktif. Hasil belajar siswa pada
pra siklus terdapat 40% dengan nilai ≥70 dan 60% dengan nilai ≤ 70 , sedangkan
pada siklus I terdapat 68% dengan nilai ≥70 dan 32% dengan nilai ≤ 70, dan pada
siklus II terdapat 88% dengan nilai ≥70 dan 12% dengan nilai ≤ 70
Kesimpulan dalam penelitian ini adalah dengan menerapkan pendekatan
Contextual Teaching and Learning (CTL) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil
belajar siswa kelas IVB dalam menulis karangan eksposisi di SDN Pangkemiri 1
Sidoarjo. Saran untuk SDN Pangkemiri 1 Sidoarjo dan guru kelas IVB yaitu
sebaiknya pembelajaran Bahasa Indonesia hendaknya dapat menggunakan benda
kongkrit di saat pembelajaran berlangsung dan disesuaikan dengan materi yang akan
dipelajari dengan tujuan agar siswa dapat lebih mudah dalam menangkap suatu
pembelajaran. | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.relation.ispartofseries | 100210204029; | |
dc.subject | Contextual Teaching And Learning (CTL), Aktivitas dan Hasil Belajar | en_US |
dc.title | PENERAPAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IVB DALAM MENULIS KARANGAN EKSPOSISI DI SDN PANGKEMIRI 1 SIDOARJO | en_US |
dc.type | Other | en_US |