Show simple item record

dc.contributor.authorUswatun Hasanah
dc.date.accessioned2014-03-26T01:50:32Z
dc.date.available2014-03-26T01:50:32Z
dc.date.issued2014-03-26
dc.identifier.nimNIM100210204102
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/56357
dc.description.abstractMetode pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui kegiatan observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Dalam penelitian ini, hasil observasi aktivitas dan hasil belajar siswa dianalisis secara deskriptif. Peneliti menetapkan target pencapaian untuk aktivitas belajar siswa secara klasikal dengan kriteria sangat tinggi, sedangkan untuk hasil belajar siswa harus mencapai kriteria ketuntasan minimal atau ≥70%. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukkan aktivitas belajar siswa yang semula pada pra siklus sebesar 36,9%, meningkat menjadi 62,7% pada siklus 1, dan pada siklus 2 semakin meningkat menjadi 86,7%. Hasil belajar siswa pada pra siklus sebesar 23,1%, sedangkan pada siklus 1 meningkat menjadi 69,2%, dan pada siklus 2 meningkat menjadi 84,6%. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah Penerapan metode bermain peran dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran PKn pokok bahasan peraturan perundang-undangan di SDN 03 Banjarsari semester ganjil tahun pelajaran 2013-2014. Saran Untuk SDN 03 Banjarsari, agar pembelajaran lebih aktif dan menyenangkan maka guru-guru di SDN 03 Banjarsari supaya menggunakan metode-metode pembelajaran yang bervariasi.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries100210204102;
dc.subjectBahasan Peraturan Perundang-Undangan, Metode Bermain Peranen_US
dc.titlePENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V DALAM PEMBELAJARAN PKN POKOK BAHASAN PERATURAN PERUNDANG-UNDANGAN MELALUI METODE BERMAIN PERAN DI SDN 03 BANJARSARI TAHUN PELAJARAN 2013/2014en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record