Show simple item record

dc.contributor.authorRizki Nur Aini
dc.date.accessioned2014-03-26T01:41:45Z
dc.date.available2014-03-26T01:41:45Z
dc.date.issued2014-03-26
dc.identifier.nimNIM100210204045
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/56354
dc.description.abstractPenelitian ini dilaksanakan di SDN Gumukmas 03 dengan subjek penelitian seluruh siswa kelas IV yang berjumlah 18 siswa yang terdiri dari 9 siswa laki-laki dan 9 siswa perempuan. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) menggunakan siklus Hopskin. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Penelitian ini dilaksanaan dalam dua siklus, masing-masing siklus sebanyak dua pertemuan dengan menerapkan pembelajaran cooperative tipe STAD dengan metode eksperimen dalam pembelajaran IPA pokok bahasan energi panas dan energi bunyi. Pelaksanaan penerapan pembelajaran cooperative tipe STAD dengan metode eksperimen dalam pembelajaran IPA pokok bahasan energi panas dan energi bunyi pada siswa kelas IV SDN Gumukmas 03 berjalan sesuai rencana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas siswa selama pembelajaran IPA dengan menggunakan pembelajaran cooperative tipe STAD dengan metode eksperimen mengalami peningkatan. Persentase aktivitas siswa secara klasikal pada siklus I sebesar 63,67% dengan kategori aktif dan pada siklus II sebesar 81,05% dengan kategori sangat aktif. Peningkatan aktivitas siswa dari siklus I ke siklus II sebesar 17,38%, sedangkan untuk hasil belajar siswa juga mengalami peningkatn dalam setiap pertemuannya. Persentase hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 67% meningkat sebesar 89% pada siklus II. Peningkatan hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II sebesar 22% dengan rata-rata nilai 71 pada siklus I dan 81,44 pada siklus II dengan peningkatan sebesar 10,44. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan pembelajaran cooperative tipe STAD dengan metode eksperimen dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN Gumukmas 03 pokok bahasan energi panas dan energi bunyi. Saran dari penelitian ini bagi guru diharapkan mampu untuk menerapkan pembelajaran cooperative tipe STAD dengan metode eksperimen dapat menjadi salah satu alternatif dalam pembelajaran IPA sebagai upaya untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries100210204045;
dc.subjectStudent Teams Achievement Divisions (STAD), Metode Eksperimenen_US
dc.titlePENERAPAN PEMBELAJARAN COOPERATIVE TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DENGAN METODE EKSPERIMEN UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PADA PEMBELAJARAN IPA POKOK BAHASAN ENERGI PANAS DAN ENERGI BUNYI DI SDN GUMUKMAS 03 JEMBERen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record