Show simple item record

dc.contributor.authorMoch. Arifin
dc.date.accessioned2014-03-26T01:33:30Z
dc.date.available2014-03-26T01:33:30Z
dc.date.issued2014-03-26
dc.identifier.nimNIM100210204068
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/56351
dc.description.abstractPendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan penelitian kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Desain penelitian yang digunakan adalah adaptasi model skema dari Arikunto yang terdiri dari 4 fase meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas III di SDN 5 Tambak Ukir, Situbondo sebanyak 21 siswa. Metode yang digunakan untuk pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Pembelajaran tema kegiatan melalui pendekatan pembelajaran kontekstual kelas III terlaksana sesuai dengan rencana yang telah dirancang. Berdasarkan hasil analisis data, persentase aktivitas belajar siswa yang diperoleh dari pembelajaran peningkatan dari prasiklus sebesar 59% meningkat menjadi 69% pada siklus I. Peningkatan dari prasiklus ke siklus I sebesar 10%. Sementara, setelah pelaksanaan siklus II terjadi peningkatan sebesar 7% dari siklus I sebesar 69% menjadi 76% pada siklus II. Ketuntasan hasil belajar siswa prasiklus sebesar 42 % meningkat menjadi 66% pada siklus I. Peningkatan prasiklus ke siklus I sebesar 24%. Sementara, ketuntasan hasil belajar siswa dari siklus I sebesar 66% meningkat menjadi 88%, dengan peningkatan sebesar 22 %. Kesimpulan dalam penelitian ini penerapan pendekatan pembelajaran kontekstual dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa tema kegiatan. Saran dalam penelitian ini adalah hendaknya guru dapat menggunakan pendekatan pembelajaran kontekstual sebagai alternatif dalam pembelajaran di kelas agar siswa lebih mudah memahami materi yang diajarkan.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries100210204068;
dc.subjectPembelajaran Kontekstual, Aktivitas dan Hasil Belajar Siswaen_US
dc.titlePENERAPAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS III TEMA KEGIATAN DI SDN 5 TAMBAK UKIR SITUBONDO TAHUN PELAJARAN 2013/2014en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record