dc.description.abstract | Berdasarkan hasil penelitian, ditemukan bahwa terdapat pengaruh secara nyata antara pendidikan karakter terhadap perkembangan sosial anak usia dini dengan rincian, antara melatih kebiasaan dengan jujur terdapat pengaruh sebesar 0,834, antara melatih kebiasaan dengan mandiri terdapat pengaruh sebesar 0,841, antara melatih kebiasaan dengan percaya diri terdapat pengaruh sebesar 0,744, antara melatih kebiasaan dengan berani terdapat pengaruh sebesar 0,829. Memberi contoh terhadap jujur terdapat pengaruh sebesar 0,908, antara memberi contoh terhadap mandiri terdapat pengaruh sebesar 0,744, antara memberi contoh terhadap percaya diri terdapat pengaruh sebesar 0,741, sedangan memberi contoh terhadap berani terdapat pengruh sebesar 0,828. Ditemukan pula bahwa alat pembelajaran (prasarana) dari tutor yang menarik dapat menumbuhkan minat warga belajar untuk mengikuti dengan seksama dalam proses pembelajaran serta sebagian besar peserta didik cenderung pada prinsip pedagogi yang menyatakan bahwa pengalaman dan ketertarikan peserta didik tidak besar nilainya sehingga yang dijadikan sebagai sumber belajar yang bermanfaat bagi dirinya adalah seperti guru, tutor dan sebagainya.
Untuk menjawab rumusan masalah, maka diketahui bahwa tingkat signifikan dapat dikatakan memiliki pengaruh secara nyata yaitu jika hasil regresinya 0,000<,0,005, artinya hipotesis alternatif diterima dan hipotesis nol ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh secara nyata antara pendidikan karakter terhadap perkembangan sosial anak usia dini di POS PAUD Aster 43 Kabupaten Jember Tahun 2013. Dari hasil penelitian di atas terlihat bahwa yang memiliki pengaruh paling besar terhadap perkembangan sosial adalah memberi contoh. Disarankan bagi peserta didik selain aspek memberi contoh juga harus dibangkitkan sehingga dalam proses pembelajaran lebih maksimal. | en_US |