dc.description.abstract | Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya pelayanan terhadap tamu hotel yang
mengakibatkan adanya klomplain dari para tamu hotel. Hal ini menyebabkan
menurunnya kinerja karyawan pada Hotel Ijen View & Resort Bondowoso. Oleh
karena itu, hal ini menjadi sangat penting bagi peneliti untuk mengetahui bagaimana
pengaruh kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual terhadap kinerja karyawan
pada hotel tersebut. Tujuannya untuk menganalisis pengaruh kecerdasan emosional
dan kecerdasan spiritual terhadap kinerja karyawan pada Hotel Ijen View & Resort
Bondowoso.
Populasi dalam penelitian ini adalah karyawan operasional Hotel Ijen View &
Resort Bondowoso yang berjumlah 73 orang. Sampel yang diambil menggunkan
rumus slovin, kemudian menggunakan teknik pengambilan sampel Proportionate
Random Sampling di dapat hasil 62 responden. Sumber data diperoleh melalui
pernyataan yang ada pada kuesioner. Alat analisis yang digunakan adalah analisis
regresi linear berganda, uji validitas dan uji reliabilitas, pengujian hipotesis melalui
uji F dan t, dan uji asumsi klasik. Dari analisis tersebut diperoleh analisis regresi: Y =
0,282 + 0,733X1 + 0,203X2
Dimana variabel kecerdasan emosional (X1) dan kecerdasan spiritual (X2) di
uji menggunakan uji t menunjukkan bahwa kedua variabel independen secara parsial
berpengaruh terhadap variabel dependen kinerja karyawan (Y). kemudian melalui uji
F menunjukkan bahwa variabel kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual
berpengaruh secara simultan variabel kinerja karyawan. Angka Adjusted R square
sebesar 0,830 menunjukkan bahwa 83 persen variabel kinerja karyawan dapat
dijelaskan melalui kedua variabel independen dalam persamaan regresi. Sedangkan
sisanya 17 persen dijelaskan oleh variabel lainnya. | en_US |