Show simple item record

dc.contributor.authorWulandari Budi Asriningtyas
dc.date.accessioned2014-03-19T04:02:41Z
dc.date.available2014-03-19T04:02:41Z
dc.date.issued2014-03-19
dc.identifier.nimNIM100210204012
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/56034
dc.description.abstractBerdasarkan temuan tersebut, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimanakah penerapan metode picture and picture yang dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas IV SDN Sumbersari 03 Jember tahun pelajaran 2013/2014, dan (2) Bagaimanakah peningkatan keterampilan berbicara setelah diterapkan metode picture and picture pada siswa kelas IV SDN Sumbersari 03 Jember tahun pelajaran 2013/2014. Berdasarkan rumusan masalah tersebut, tujuan dari penelitian ini yaitu (1) mendeskripsikan penerapan metode picture and picture yang dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas IV SDN Sumbersari 03 Jember tahun pelajaran 2013/2014, dan (2) meningkatkan keterampilan berbicara melalui penerapan metode picture and picture pada siswa kelas IV SDN Sumbersari 03 Jember tahun pelajaran 2013/2014. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDN Sumbersari 03 Jember tahun pelajaran 2013/2014. Jenis penelitian ini adalah PTK model spiral Hopkins dengan tahapan perencanaan, penerapan tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Penerapan metode picture and picture untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas IV SDN Sumbersari 03 Jember dilakukan sesuai sintaks dari metode ini. Keberhasilan penerapan metode juga ditunjang dengan kegiatan diskusi, pemberian bimbingan dan contoh oleh guru, pemberian reward, serta pengaturan giliran maju untuk menjelaskan petunjuk penggunaan alat. Selain itu, kriteria penilaian (aspek kebahasaan dan nonkebahasaan) juga dijelaskan kepada siswa sehingga siswa dapat menunjukkan keterampilan berbicaranya dengan baik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan keterampilan berbicara siswa setelah diterapkan metode picture and picture. Hal ini dapat diketahui dari rata-rata penguasaan aspek keterampilan berbicara siswa. Rata-rata pada prasiklus sebesar 58,6% dan pada siklus I meningkat sebesar 13,8% sehingga menjadi 71,4%. Pada siklus II terjadi peningkatan 6,8% dari siklus I, sehingga menjadi 78,2%. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa penerapan model picture and picture dapat meningkatkan keterampilan berbicara menjelaskan petunjuk penggunaan alat pada siswa kelas IV B SDN Sumbersari 03 Jember. Saran yang dapat diberikan yaitu hendaknya metode picture and picture dapat dioptimalkan penggunaannya dengan memahami pelaksanaan, kelebihan, maupun kelemahannya dalam pembelajaran sehingga dapat memaksimalkan pencapaian tujuan pembelajaran.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries100210204012;
dc.subjectKeterampilan Berbicara, Picture and Pictureen_US
dc.titleMENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA MELALUI PENERAPAN METODE PICTURE AND PICTURE SISWA KELAS IV SDN SUMBERSARI 03 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2013/2014en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record