dc.description.abstract | Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Mumbulsari 1 Jember dengan subjek
berjumlah 24 siswa yang terdiri dari 6 siswa laki-laki dan 18 siswa perempuan pada
semester ganjil tahun pelajaran 2013-2014. Jenis penelitian ini adalah penelitian
tindakan kelas (PTK) menggunakan model skema yang diadaptasi dari Hopkins
dengan setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, tindakan yang
dilakukan dengan observasi dan kegiatan refleksi. Pengumpulan data dilakukan
dengan menggunakan metode observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa aktivitas siswa dalam pembelajaran IPA dengan
penerapan metode eksperimen pada pokok bahasan tumbuhan hijau mengalami
peningkatan. Hasil aktivitas belajar yang didapat dari siklus I ke siklus II pada kriteria
sangat aktif memiliki peningkatan 8,4%, kriteria aktif diperoleh peningkatan 4,2%,
kriteria cukup aktif mengalami peningkatan sebesar 20,8%, sedangkan kriteria kurang
aktif mengalami penurunan sebesar 16,7%, sama halnya dengan kriteria sangat
kurang aktif mengalami penurunan sebesar 16,7% ke angka 0%. Hasil belajar siswa
mengalami peningkatan, yaitu rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 51,56
dan pada siklus II sebesar 74,7 sehingga mengalami peningkatan sebesar 23,14.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan metode pembelajaran
eksperimen pada siswa kelas V SD Negeri Mumbulsari 1 Jember dapat meningkatkan
aktivitas dan hasil belajar. Adapun saran yang dapat diberikan peneliti adalah dengan
metode eksperimen, guru dapat menunjang peningkatan aktivitas dan hasil belajar
siswa pada pembelajaran IPA, karena siswa sangat antusias dalam pelaksanaan
eksperimen dan mendapatkan pengalaman langsung ketika belajar di sekolah. | en_US |