Show simple item record

dc.contributor.authorNur Fardianah
dc.date.accessioned2014-03-19T03:36:16Z
dc.date.available2014-03-19T03:36:16Z
dc.date.issued2014-03-19
dc.identifier.nimNIM100210204171
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/56027
dc.description.abstractTempat penelitian dilaksanakan di SDN Jember Lor 02 Kecamatan Patrang Kabupaten Jember. Responden yang diambil yaitu seluruh siswa kelas V yang terdiri dari 36 siswa dari kelas VA dan 36 siswa dari kelas VB. Jumlah seluruh siswa kelas V kurang dari 100, maka penelitian ini menggunakan penelitian populasi. Sebelum menentukan kelas eksperimen dan kelas kontrol, dilakukan uji homogenitas berdasarkan nilai pre-test pokok bahasan cara tumbuhan hijau membuat makanan. Hasil perhitungan uji homogenitas menunjukkan harga = 0,586 selanjutnya harga dikonsultasikan dengan dengan harga dengan = 1 dan = 70 pada taraf signifikansi 5%. Nilai dengan = 70 memiliki harga 1,994. Hasil tersebut membuktikan bahwa < yang berarti kemampuan awal siswa sebelum dilakukan penelitian homogen. Selanjutnya, kelas dipilih dengan melakukan pengundian sehingga didapatkan kelas VA sebagai kelas eksperimen dan kelas VB sebagai kelas kontrol. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes. Data yang diperoleh dengan metode tes merupakan data utama dalam penelitian ini. Nilai post-test dan pre-tes siswa dianalisis menggunakan teknik analisis uji-t. Pengujian hipotesis menyatakan jika > dengan taraf signifikansi 5% maka ditolak dan sebaliknya jika < dengan taraf signifikansi 5% maka diterima. Hasil perhitungan dengan rumus uji-t diperoleh = 3,551 , kemudian dikonsultasikan dengan dengan db = 70, pada taraf signifikansi 5% menghasilkan = 1,994 sehingga dapat dinyatakan > dengan demikian hipotesis nihil ( ) ditolak dan hipotesis alternatif ( ) diterima yang artinya terdapat pengaruh pembelajaran model kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Divisions) dengan alat percobaan sederhana terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SDN Jember Lor 02 Jember tahun ajaran 2013/2014. Berdasarkan hasil analisis tersebut, dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan pada pembelajaran model kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievment Divisions) dengan alat percobaan sederhana terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SDN Jember Lor 02 Jember tahun ajaran 2013/2014. Pembelajaran model kooperatif tipe STAD dengan alat percobaan sederhana diharapkan dapat menjadi alternatif guru dalam pembelajaran. Selain itu, dapat dilakukan penelitian lanjutan tentang penerapan pembelajaran model kooperatif tipe STAD dengan alat percobaan sederhana.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries100210204171;
dc.subjectSTAD (Student Teams Achievement Divisions), Hasil Belajar IPAen_US
dc.titlePENGARUH PEMBELAJARAN MODEL KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS) DENGAN ALAT PERCOBAAN SEDERHANA TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SDN JEMBER LOR 02 JEMBER TAHUN AJARAN 2013/2014en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record