Show simple item record

dc.contributor.authorLutfiyah Evy Dianasari
dc.date.accessioned2014-03-19T03:31:06Z
dc.date.available2014-03-19T03:31:06Z
dc.date.issued2014-03-19
dc.identifier.nimNIM060210192182
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/56025
dc.description.abstractTujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan peningkatan aktivitas belajar dan ketuntasan hasil belajar IPA fisika setelah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD disertai media TTS pada siswa kelas VII SMP Negeri Darsono Jember Tahun Ajaran 2011/2012. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri Darsono Kecamatan Arjasa Kabupaten Jember pada kelas VII yang berjumlah 19 siswa yang terdiri atas 10 siswa laki-laki dan 9 siswa perempuan dan berlangsung dari bulan April 2012 sampai bulan Mei 2012 pada semester genap Tahun Ajaran 2011/2012. Sumber dari penelitian ini diperoleh dari guru mata pelajaran IPA fisika dan siswa kelas VII. Penelitian tindakan ini dilaksanakan dalam dua siklus dengan menggunakan model Hopkins yang terdiri atas empat tahap yaitu: perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Data dari penelitian ini dikumpulkan melalui empat teknik pengumpulan data, yaitu observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Data yang akan dianalisis dalam penelitian ini meliputi aktivitas siswa dan guru serta ketuntasan hasil belajar secara klasikal. Data hasil observasi memperlihatkan bahwa persentase aktivitas belajar siswa kelas VII SMP Negeri Darsono Jember mengalami peningkatan dari pra siklus sebesar 42,1% dengan kategori aktivitas cukup aktif menjadi 68,8% pada siklus 1 dan 75,9% pada siklus 2 dengan kategori aktif. Selain itu, persentase ketuntasan hasil belajar secara klasikal juga mengalami peningkatan dari pra siklus sebesar 63,16% menjadi 78,95% pada siklus 1 dan 89,47% pada siklus 2. Berdasarkan hal itu dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions disertai media Teka-Teki Silang dapat meningkatkan aktivitas belajar dan ketuntasan hasil belajar IPA fisika pada siswa kelas VII SMP Negeri Darsono Jember Tahun Ajaran 2011/2012.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries060210192182;
dc.subjectHasil Belajar IPA, Student Teams Achievement Divisions, Media Teka-Teki Silangen_US
dc.titlePENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR DAN KETUNTASAN HASIL BELAJAR IPA FISIKA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS DISERTAI MEDIA TEKA-TEKI SILANG PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI DARSONO JEMBERen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record