• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    APLIKASI MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING DENGAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA POKOK BAHASAN DAUR HIDUP HEWAN SISWA KELAS IV SDN SUMBERSARI 02 JEMBER

    Thumbnail
    View/Open
    Ery Rizki Pratama_1.pdf (96.49Kb)
    Date
    2014-03-19
    Author
    Ery Rizki Pratama
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Aktivitas belajar siswa setelah mengaplikasikan model pembelajaran Quantum Teaching dengan media video pembelajaran IPA menunjukkan kenaikan. Pada siklus 1 setelah mengaplikasikan model pembelajaran Quantum Teaching dengan media video pembelajaran IPA presentase aktivitas belajar siswa sebesar 76,35% . Presentase tersebut masuk dalam kategori aktif. Selanjutnya pada siklus 2 didapatkan penghitungan presesntase aktivitas belajar siswa secara klasikal sebesar 87,83 %. Terdapat kenaikan aktivitas belajar siswa secara klasikal sebesar 11,48%. Presentase hasil belajar pada siklus satu sebesar 51,35%. Presentase tersebut masih masuk dalam kriteria sedang, sehingga peneliti melakukan berbagai refleksi untuk kegiatan siklus II. Hasilnya, pada siklus 2 mendapatkan hasil yang signifikan. Presentase hasil belajar siswa secara klasikal yaitu sebesar 94,59% atau naik sebesar 43,24% dari siklus 1. Nilai tersebut sudah masuk dalam kategori sangat baik. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu: a) Aplikasi Model Pembelajaran Quantum Teaching dengan media video pembelajaran IPA pada pokok bahasan daur hidup hewan dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas IV SDN Sumbersari 02 Tahun Pelajaran 2013/2014. Aktivitas belajar siswa secara klasikal pada siklus 1 sebesar 76,35% dan pada siklus 2 naik menjadi 87,83 %; b) Aplikasi Model Pembelajaran Quantum Teaching dengan media video pembelajaran IPA pada pokok bahasan daur hidup hewan dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN Sumbersari 02 Tahun Pelajaran 2013/2014. Hasil belajar siswa secara klasikal pada siklus 1 sebesar 51,35% dan pada siklus 2 naik menjadi 94,59%.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/56019
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15274]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository