dc.contributor.author | Budi Haryono | |
dc.date.accessioned | 2014-03-19T01:10:28Z | |
dc.date.available | 2014-03-19T01:10:28Z | |
dc.date.issued | 2014-03-19 | |
dc.identifier.nim | NIM080210192001 | |
dc.identifier.uri | http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/56013 | |
dc.description.abstract | Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan
kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII B SMP Negeri 14 Jember
tahun ajaran 2013/2014. Teknik pengumpulan data dalam penelitian adalah observasi,
wawancara, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik
deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Persentase aktivitas belajar dan ketuntasan hasil
belajar siswa digunakan untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan ketuntasan hasil
belajar siswa antara pembelajaran pada pra siklus, siklus 1, siklus 2.
Analisis data pada siklus 1 menunjukkan bahwa persentase rata-rata aktivitas
siswa mengalami peningkatan dari pra siklus ke siklus I dengan kategori baik. Untuk
siklus II persentase rata-rata aktivitas siswa juga mengalami peningkatan dengan
kategori baik. Analisis yang kedua yaitu analisis ketuntasan hasil belajar siswa yang
terdiri dari kognif produk, proses, dan psikomotor didapatkan bahwa rata-rata
persentase ketuntasan hasil belajar siswa setelah diberi perlakuan yaitu pada siklus I
meningkat dengan Normalized Gain 0.37 dan termasuk dalam kategori sedang. Untuk
siklus II ketuntasan hasil belajar siswa meningkat dengan Normalized Gain 0,55 dan
termasuk dalam kategori sedang.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa aktivitas dan ketuntasan
hasil belajar siswa pada masing-masing siklus secara keseluruhan mengalami
peningkatan. Dari hasil di atas menunjukkan model Problem Based Instruction dapat
digunakan sebagai alternatif pembelajaran yang dapat meningkatkan aktivitas dan
ketuntasan hasil belajar siswa. | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.relation.ispartofseries | 080210192001; | |
dc.subject | Problem Based Instruction, Hasil Belajar Fisika | en_US |
dc.title | PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INSTRUCTION UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN KETUNTASAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA KELAS VII B DI SMP NEGERI 14 JEMBER TAHUN AJARAN 2013/2014 | en_US |
dc.type | Other | en_US |