dc.description.abstract | Penelitian dilakukan di SDN Mangli 01 Jember. Penentuan subyek
penelitian dengan menggunakan metode populatif yaitu seluruh siswa kelas III B
yang berjumlah 32 siswa dengan jenis kelamin laki-laki 20 orang dan perempuan
12 orang. Desain penelitian ini adalah model penelitian tindakan Hopkins yang
berbentuk spiral dengan tahapan tiap siklus yaitu, perencanaan, tindakan,
observasi, dan refleksi. Penelitian dilaksanakan sebanyak 2 siklus pembelajaran.
Sliklus II sebagai perbaikan dari siklus I. Tiap siklus pembelajaran terdiri atas 3
kali pertemuan yang diakhiri dengan tes akhir individu pada setiap pertemuan dan
pemberian soal evaluasi pada akhir siklus pembelajaran.
Dalam pelaksanaannya, penelitian ini menggunakan metode Snowball
Throwing untuk meningkatkan aktivitas siswa yang diawali dengan penjelasan
materi yang menggunakan alat peraga papan berpaku dalam meningkatkan hasil
belajar siswa. Metode yang digunakan dalam memperoleh data antara lain dengan
metode observasi, wawancara, dan tes.
Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan adanya
peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam kelas daripada pembelajaran
ix
sebelumnya. Hasil pelaksanaan pembelajaran dengan metode Snowball Throwing
disertai alat peraga papan berpaku mengalami peningkatan aktivitas siswa dalam
pembelajaran pada siklus II mencapai 82,42%. Hal ini terlihat dari aktivitas siswa
dalam menyusun pertanyaan, ketepatan siswa dalam menjawab pertanyaan, serta
kerja sama dalam berkelompok. Sedangkan hasil belajar siswa juga mengalami
peningkatan dari siklus I dan persentase hasil belajar siklus II dapat mencapai
78,12%.
Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah penggunaan metode Snowball
Throwing disertai alat peraga papan berpaku dapat meningkatkan prestasi belajar
matematika pada pokok bahasan keliling dan luas persegi dan persegi panjang
untuk siswa kelas III B semester genap di SDN Mangli 01 Jember tahun ajaran
2010-2011. Penerapan pembelajaran dengan metode Snowball Throwing disertai
alat peraga papan berpaku dapat menciptakan suasana belajar yang aktif dan
menyenangkan, serta dapat memotivasi siswa lebih kreatif dalam berpikir dan
berinteraksi dengan temannya. | en_US |