dc.description.abstract | Keberhasilan proses pembelajaran dipengaruhi oleh beberapa faktor. Faktor -
faktor tersebut antara lain perencanaan, perangkat, dan performansi. Guru yang telah
melakukan persiapan pembelajaran dengan baik bukan jaminan proses
pembelajarannya akan efektif. Menulis puisi merupakan salah satu keterampilan
berbahasa yang bersifat aktif, untuk itu dalam pembelajaran menulis puisi dibutuhkan
metode yang tepat dan salah satu metode pembelajaran adalah metode karyawisata.
Merujuk pada pendapat Djajadisastra
Hasil tugas menulis puisi pada observasi awal ditemukan beberapa siswa yang
menulis puisi bukan karyanya sendiri melainkan karya orang lain seperti menulis
syair lagu yang dihafalkan dan menulis kembali karya puisi orang lain. Hal i ni
berpengaruh terhadap perolehan nilai siswa yang rendah. Permasalahan yang muncul
dengan adanya latar belakang tersebut, yaitu Bagaimanakah penerapan metode
karyawisata dapat meningkatkan kemampuan menulis puisi siswa kelas X SMAN 1
Darussholah Singojuruh?
Tinjauan pustaka dalam penelitian ini mencakup:
Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan
kelas. Jenis penelitian tindakan kelas ini adalah simultan terpadu. Penelitian tindakan
kelas ini terdiri dari siklus I dan siklus II, hal ini dilakukan untuk memperoleh data
yang menunjukkan sukses atau tidaknya pembelajaran menulis puisi dengan
menggunakan metode karyawisata di SMAN 1 Darussholah Singojuruh. Data dalam
penelitian ini adalah rangkaian kegiatan atau tindakan guru di kelas dan reaksi siswa
dalam proses belajar mengajar sebelum dan sesudah menerapkan metode karyawisata
di kelas X SMAN 1 Darussholah Singojuruh. Data tersebut dikumpulkan dari
sumbernya yaitu kelas X SMAN 1 Darussholah Singojuruh, guru bahasa Indonesia,
dan puisi karya tulis siswa.
Hasil dan pembahasan penelitian ini dapat dilihat dari hasil ketuntasan
menulis puisi siswa. Ketuntasan hasil cipta puisi siswa pada prasiklus 7 siswa
Kesimpulannya, kemampuan menulis puisi siswa kelas X SMAN 1
Darussholah Singojuruh meningkat setalah guru menerapkan metode karyawisata
Saran bagi guru Bahasa Indonesia, penelitian ini bisa dijadikan sebagai referensi
pembelajaran keterampilan menulis bahasa Indonesia untuk siswa SMA kelas X. | en_US |