Show simple item record

dc.contributor.authorHolifah Komariah Ulfa
dc.date.accessioned2013-12-06T03:03:10Z
dc.date.available2013-12-06T03:03:10Z
dc.date.issued2013-12-06
dc.identifier.nimNIM070910301119
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/5541
dc.description.abstractPendidikan adalah hak setiap individu. begitu juga anak tunagrahita yang mana anak tunagrahita memiliki lemah ingatan dan intelektual yang rendah juga berhak untuk mendapatkan pendidikan. Faktor utama yang mendukung anak tunagrahita untuk mendapatkan layanan pendidikan yaitu dorongan atau motivasi orangtua yang menjadi prasyarat utama agar anak tunagrahita tetap bersekolah. Pemerintah mempunyai tanggung jawab untuk berupaya membantu anak yang berkebutuhan khusus dalam hal ini yaitu anak yang mengalami kelainan mental. Salah satu yang dilakukan pemerintah yaitu mengadakan sekolah yang dapat memenuhi kebutuhan anak berkebutuhan khusus yakni Sekolah Luar Biasa (SLB). SLB-C TPA Jember merupakan bagian dari SLB yang resmi berdiri pada tahun 1979 yang memberikan pelayanan pendidikan tingkat dasar sampai tingkat menengah keatas untuk anak yang mengalami kelainan mental (tunagrahita). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui, menganalisa dan mendeskripsikan motivasi orang tua menyekolahkan anak di SLB dalam hal ini SLB-C Taman . Metode penelitian kualitatif, dan jenis penelitian deskriptif. Penentuan informan dalam penelitian ini menggunakan tekhnik snowball sampling. Pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini meliputi wawancara mendalam (indept interview), observasi partisipan pasif, dan dokumentasi. Dalam menguji keabsahan data, penelitian ini menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, motivasi orang tua menyekolahkan anak didorong oleh motivasi internal dan motivasi external. Adapun motivasi internal yang dimaksud yaitu 1) motivasi yang timbul dari dalam diri orang tua (ibu) disebabkan karena anak tidak mampu berdaptasi dengan lingkungan sekitar. 2) motivasi yang timbul dari dalam diri orang tua (ibu) karena anak tidak mampu mandiri. 3) Motivasi yang tinggi terhadap pentingnya pendidikan. Sedangkan motivasi externalnya yaitu yang pertama motivasi yang disebabkan adanya pertanyaan-pertanyaan teman seusia anak atau teman sebaya dan yang kedua yaitu motivasi yang timbul karena pengaruh dari keluarga lain. Oleh karena itu dalam penelitian ini disarankan agar para orang tua tetap menjalin interaksi dengan para guru di sekolah tersebut untuk selalu menanyakan perkembangan anaknya sehingga nantinya ada keseimbangan dan untuk orang tua dapat memberikan masukan tentang pendidikan seperti apa yang harus diberikan kepada anaknya.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries070910301119;
dc.subjectORANG TUA, ANAKen_US
dc.titleMOTIVASI ORANG TUA MENYEKOLAHKAN ANAK DI SEKOLAH LUAR BIASA (SLB) (Studi Deskriptif Pada Orang Tua Yang Memiliki Anak Penyandang Tunagrahita di SLB-C Taman Pendidikan Dan Asuhan (TPA) Kabupaten Jember)en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record