Show simple item record

dc.contributor.authorIka Nur Fitriana
dc.date.accessioned2013-12-06T02:59:52Z
dc.date.available2013-12-06T02:59:52Z
dc.date.issued2013-12-06
dc.identifier.nimNIM080210204146
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/5530
dc.description.abstractPenelitian ini dilaksanakan di kelas IV MI Hidayatuddiniyah Wuluhan Kab. Jember yang terdiri dari 20 siswa. Jenis penelitiannya adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan sebanyak 2 siklus. Pengambilan data dilakukan mulai tanggal 7 April sampai dengan 25 April 2011. Data yang dikumpulkan berupa penilaian tes individu. Pada siklus I presentase aktivitas belajar 52,5% dan pada siklus II persentase aktivitas belajar sebesar 80,33%. Peningkatan aktivitas belajar dari siklus I ke siklus II sebesar 30,83%, Secara klasikal memenuhi kriteria yang di tetapkan yaitu aktif. Hasil belajar pada pembelajaran siklus I ke siklus II juga meningkat, pada siklus I persentase hasil belajar sebesar 50%, siklus II persentase hasil belajar sebesar 90% jadi memenuhi SKM yang di tetapkan MI Hidayatuddiniyah Wuluhan yaitu sebesar 65%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah siswa mengalami peningkatan aktivitas belajar dan hasil belajar pada pokok bahasan perkembangan teknologi transportasi, persentase ketuntasan klasikal hasil belajar siklus I yaitu 50% dengan siswa tuntas 10 dari 20 siswa dan siklus II yaitu 90% dengan siswa tuntas 18 dari 20 siswa. Pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) dapat menciptakan suasana belajar yang aktif, menumbuhkan interaksi yang baik antar siswa, sehingga dapat saling membantu kesulitan yang dihadapi satu sama lain.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080210204146;
dc.subjectNumbered Heads Together (NHT), Aktivitas dan Hasil Belajar IPSen_US
dc.titlePENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV MI HIDAYATUDDINIYAH WULUHAN KAB. JEMBER TAHUN PELAJARAN 2010/2011en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record