dc.description.abstract | Proses pembelajaran yang selama ini diterapkan di sekolah-sekolah masih
mengunakan model pembelajaran konvensional. Hal tersebut akan berdampak pada
proses belajar mengajar dimana aktivitas belajar siswa yang rendah dan hasil belajar
siswa tidak sesuai dengan standar ketuntasan belajar di SMP 13 Jember. Agar siswa
memiliki aktivitas belajar dan hasil belajar yang lebih baik, guru harus selektif dalam
memilih model pembelajaran yang sesuai dengan karateristik mata pelajaran IPS
(ekonomi). Salah satu model pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik mata
pelajaran IPS (ekonomi) pokok bahasan pasar adalah model Numbered Heads
Together (NHT). Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan proses penerapan
model NHT dapat meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar siswa pada mata
pelajaran IPS (ekonomi) pokok bahasan pasar pada siswa kelas VIII A di SMP 13
Jember semester ganjil tahun ajaran 2010/2011
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan
menggunakan model NHT pada mata pelajaran IPS (ekonomi) pokok bahasan pasar.
Penelitian ini dilakukan sebanyak 2 siklus pada siswa kelas VIII A di SMP 13 Jember
semester ganjil tahun ajaran 2010/2011. Penentuan jumlah subjek penelitian
menggunakan metode populasi. Metode penentuan lokasi yang digunakan dalam
penelitian ini adalah purposive. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini
adalah metode observasi, metode tes, metode wawancara dan metode dokumen.
Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dengan pendekatan kualitatif
vii
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Numbered Heads
Together dapat meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar siswa kelas VIII A di
SMP 13 Jember dalam proses pembelajaran IPS (ekonomi). Analisis keaktifan siswa
secara klasikal menunjukkan peningkatan dari kategori aktif menjadi sangat aktif. Hal
tersebut dibuktikan pada siklus I dan siklus II terjadi peningkatan hasil belajar dari
siklus I 71, 05% menjadi 84,21% pada siklus II.
viii
Proses pembelajaran yang selama ini diterapkan di sekolah-sekolah masih
mengunakan model pembelajaran konvensional. Hal tersebut akan berdampak pada
proses belajar mengajar dimana aktivitas belajar siswa yang rendah dan hasil belajar
siswa tidak sesuai dengan standar ketuntasan belajar di SMP 13 Jember. Agar siswa
memiliki aktivitas belajar dan hasil belajar yang lebih baik, guru harus selektif dalam
memilih model pembelajaran yang sesuai dengan karateristik mata pelajaran IPS
(ekonomi). Salah satu model pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik mata
pelajaran IPS (ekonomi) pokok bahasan pasar adalah model Numbered Heads
Together (NHT). Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan proses penerapan
model NHT dapat meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar siswa pada mata
pelajaran IPS (ekonomi) pokok bahasan pasar pada siswa kelas VIII A di SMP 13
Jember semester ganjil tahun ajaran 2010/2011
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan
menggunakan model NHT pada mata pelajaran IPS (ekonomi) pokok bahasan pasar.
Penelitian ini dilakukan sebanyak 2 siklus pada siswa kelas VIII A di SMP 13 Jember
semester ganjil tahun ajaran 2010/2011. Penentuan jumlah subjek penelitian
menggunakan metode populasi. Metode penentuan lokasi yang digunakan dalam
penelitian ini adalah purposive. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini
adalah metode observasi, metode tes, metode wawancara dan metode dokumen.
Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dengan pendekatan kualitatif
vii
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Numbered Heads
Together dapat meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar siswa kelas VIII A di
SMP 13 Jember dalam proses pembelajaran IPS (ekonomi). Analisis keaktifan siswa
secara klasikal menunjukkan peningkatan dari kategori aktif menjadi sangat aktif. Hal
tersebut dibuktikan pada siklus I dan siklus II terjadi peningkatan hasil belajar dari
siklus I 71, 05% menjadi 84,21% pada siklus II.
viii
Proses pembelajaran yang selama ini diterapkan di sekolah-sekolah masih
mengunakan model pembelajaran konvensional. Hal tersebut akan berdampak pada
proses belajar mengajar dimana aktivitas belajar siswa yang rendah dan hasil belajar
siswa tidak sesuai dengan standar ketuntasan belajar di SMP 13 Jember. Agar siswa
memiliki aktivitas belajar dan hasil belajar yang lebih baik, guru harus selektif dalam
memilih model pembelajaran yang sesuai dengan karateristik mata pelajaran IPS
(ekonomi). Salah satu model pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik mata
pelajaran IPS (ekonomi) pokok bahasan pasar adalah model Numbered Heads
Together (NHT). Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan proses penerapan
model NHT dapat meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar siswa pada mata
pelajaran IPS (ekonomi) pokok bahasan pasar pada siswa kelas VIII A di SMP 13
Jember semester ganjil tahun ajaran 2010/2011
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan
menggunakan model NHT pada mata pelajaran IPS (ekonomi) pokok bahasan pasar.
Penelitian ini dilakukan sebanyak 2 siklus pada siswa kelas VIII A di SMP 13 Jember
semester ganjil tahun ajaran 2010/2011. Penentuan jumlah subjek penelitian
menggunakan metode populasi. Metode penentuan lokasi yang digunakan dalam
penelitian ini adalah purposive. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini
adalah metode observasi, metode tes, metode wawancara dan metode dokumen.
Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dengan pendekatan kualitatif
vii
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Numbered Heads
Together dapat meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar siswa kelas VIII A di
SMP 13 Jember dalam proses pembelajaran IPS (ekonomi). Analisis keaktifan siswa
secara klasikal menunjukkan peningkatan dari kategori aktif menjadi sangat aktif. Hal
tersebut dibuktikan pada siklus I dan siklus II terjadi peningkatan hasil belajar dari
siklus I 71, 05% menjadi 84,21% pada siklus II.
viii
Proses pembelajaran yang selama ini diterapkan di sekolah-sekolah masih
mengunakan model pembelajaran konvensional. Hal tersebut akan berdampak pada
proses belajar mengajar dimana aktivitas belajar siswa yang rendah dan hasil belajar
siswa tidak sesuai dengan standar ketuntasan belajar di SMP 13 Jember. Agar siswa
memiliki aktivitas belajar dan hasil belajar yang lebih baik, guru harus selektif dalam
memilih model pembelajaran yang sesuai dengan karateristik mata pelajaran IPS
(ekonomi). Salah satu model pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik mata
pelajaran IPS (ekonomi) pokok bahasan pasar adalah model Numbered Heads
Together (NHT). Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan proses penerapan
model NHT dapat meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar siswa pada mata
pelajaran IPS (ekonomi) pokok bahasan pasar pada siswa kelas VIII A di SMP 13
Jember semester ganjil tahun ajaran 2010/2011
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan
menggunakan model NHT pada mata pelajaran IPS (ekonomi) pokok bahasan pasar.
Penelitian ini dilakukan sebanyak 2 siklus pada siswa kelas VIII A di SMP 13 Jember
semester ganjil tahun ajaran 2010/2011. Penentuan jumlah subjek penelitian
menggunakan metode populasi. Metode penentuan lokasi yang digunakan dalam
penelitian ini adalah purposive. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini
adalah metode observasi, metode tes, metode wawancara dan metode dokumen.
Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dengan pendekatan kualitatif
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Numbered Heads
Together dapat meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar siswa kelas VIII A di
SMP 13 Jember dalam proses pembelajaran IPS (ekonomi). Analisis keaktifan siswa
secara klasikal menunjukkan peningkatan dari kategori aktif menjadi sangat aktif. Hal
tersebut dibuktikan pada siklus I dan siklus II terjadi peningkatan hasil belajar dari
siklus I 71, 05% menjadi 84,21% pada siklus II. | en_US |