dc.description.abstract | Keterampilan menulis sebagai salah satu keterampilan dari empat
keterampilan berbahasa mempunyai peranan penting dalam kehidupan manusia.
Karena hampir semua kegiatan tidak terlepas dari kegiatan menulis baik itu menulis
permulaan maupun menulis lanjut. Disini peneliti melakukan penelitian tentang
penggunaan huruf kapital karena subjek penelitian adalah siswa kelas rendah. Huruf
kapital penting digunakan secara tepat dengan tujuan agar tulisan siswa dapat tertib
dan efektif. Namun, kemampuan menulis huruf kapital pada siswa kelas II SDN
Selok Awar-Awar 03, Pasirian-Lumajang masih tergolong rendah. Hal ini disebabkan
selama ini cara guru mengajar kurang bervariasi, guru hanya menggunakan metode
ceramah dan jarang sekali melibatkan siswa dalam proses pembelajarannya, dan yang
aktif selama proses pembelajaran berlangsung hanya guru.
Selain itu guru juga belum menggunakan media yang tepat, media yang
digunakan hanya papan tulis, sehingga kurang menarik minat siswa untuk belajar.
Oleh karena itu, untuk mengatasi masalah tersebut, diperlukan penggunaan media
yang sesuai dengan siswa. Media pembelajaran yang dipilih adalah media kartu
kalimat. Peneliti memilih medi kartu kalimat dengan alasan kartu adalah benda yang
menarik dan menyenagkan bagi siswa, sehingga diharapkan dengan penggunaan
media ini hasil belajar siswa juga semakin meningkat.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) bagaimanakah penerapan
penggunaan media kartu kalimat pada kemampuan menulis huruf kapital siswa kelas
II SDN Selok Awar-Awar 03 kecamatan Pasirian Lumajang tahun pelajaran
2012/2013? 2) bagaimanakah peningkatan hasil belajar siswa setelah pelaksanaan
penggunaan media kartu kalimat pada kemampuan menulis huruf kapital siswa kelas
II SDN Selok Awar-Awar 03 kecamatan Pasirian Lumajang tahun pelajaran
2012/2013? Tujuan penelitian ini adalah: 1) untuk mendeskripsikan penerapan
penggunaan media kartu kalimat pada kemampuan menulis huruf kapital siswa kelas
II SDN Selok Awar-Awar 03 kecamatan Pasirian Lumajang tahun pelajaran
2012/2013. 2) untuk meningkatan hasil belajar siswa setelah pelaksanaan penggunaan
media kartu kalimat pada kemampuan menulis huruf kapital siswa kelas II SDN
Selok Awar-Awar 03 kecamatan Pasirian Lumajang tahun pelajaran 2012/2013.
Rancangan dalam penelitian ini adalah rancangan penelitian tindakan kelas.
Penelitian ini dilakukan di SDN Selok Awar-Awar 03 Pasirian-Lumajang. Subyek
penelitian ini adalah seluruh siswa kelas II SDN Selok Awar-Awar 03 yang
berjumlah 26 siswa yang terdiri atas 16 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan.
Penerapan penggunaan media kartu kalimat dapat meningkatkan hasil belajar
siswa dapat diketahui dari nilai antara prasiklus, siklus I, dan siklus II. Tahap
prasiklus, jumlah siswa yang mengalami ketuntasan belajar sebanyak 11 siswa
dengan persentase ketuntasan belajar 42%. Tahap siklus I, jumlah siswa yang
mengalami ketuntasan belajar sebanyak 17 siswa dengan persentase ketuntasan
belajar 65%. Tahap siklus II, jumlah siswa yang mengalami ketuntasan belajar
sebanyak 22 siswa dengan persentase ketuntasan belajar 85%.
Saran peneliti berdasarkan hasil penelitian adalah: 1) Bagi peneliti diharapkan
untuk lebih memeratakan perhatian dan bimbingan pada siswa selama kegiatan
pembelajaran berlangsung. Perhatian dan bimbingan guru sangat besar pengaruhnya
bagi aktifitas dan hasil belajar yang diperoleh siswa. 2) Bagi guru kelas hendaknya
menggunakan media untuk lebih memudahkan tersampaikannya materi yang
diajarkan pada siswa, sehingga siswa lebih mudah menerima materi dari guru.
Apabila siswa mudah menerima materi yang diberikan guru, maka hasil belajar yang
diperoleh pun juga semakin meningkat pula. | en_US |