Show simple item record

dc.contributor.authorLeli Surya Mareta
dc.date.accessioned2013-12-06T02:13:32Z
dc.date.available2013-12-06T02:13:32Z
dc.date.issued2013-12-06
dc.identifier.nimNIM050210301295
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/5437
dc.description.abstractKeberhasilan proses pembelajaran dapat dilihat dari pencapaian tujuan yang telah ditentukan. Salah satu indikator untuk menilai hal tersebut adalah bagaimana seorang guru untuk menyusun alat penilaian (tes) yang memenuhi standar yaitu standar KTSP. Tes yang baik adalah tes yang memenuhi unsur-unsur sebagai alat penilaian yaitu validitas. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis butir soal tes sumatif yang dilakukan oleh guru bidang studi ekonomi serta tingkat validitas pada butir soal tes sumatif semester 1 tahun ajaran 2009/2010 bidang studi ekonomi kelas XI di SMAN 1 dan SMAN 2 Jember. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Objek yang diteliti adalah butir soal tes sumatif semester 1 tahun ajaran 2009/2010 bidang studi ekonomi kelas XI di SMAN 1 dan SMAN 2 Jember. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 23 Desember 2010 – 01 Januari 2011. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode dokumen dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proses penyusunan butir soal tes sumatif yang dilakukan oleh guru bidang studi ekonomi di SMAN 1 dan SMAN 2 Jember sudah sesuai dengan ketentuan KTSP. Hal ini terlihat dari proses penyusunan butir soal yang dilakukan guru tersebut sudah mengacu pada langkah-langkah penyusunan butir soal menurut KTSP. Berdasarkan hasil telaah butir soal dengan menggunakan kartu telaah, dapat ditunjukkan bahwa tingkat validitas isi dan validitas konstruksi pada tes sumatif di SMAN 1 dan SMAN 2 Jember sudah tinggi. Tingkat validitas isi tes sumatif ini terlihat dari kesesuaiannya antara butir soal dengan indikator materi pada kartu telaah dan tingkat validitas konstruksi tes sumatif terlihat dari kesesuaiannya antara butir soal dengan indikator konstruksi soal serta bahasa/budaya pada kartu telaah soal. Oleh karena itu, berpedoman pada rumusan permasalahan dan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa proses penyusunan butir soal tes sumatif semester 1 tahun ajaran 2009/2010 yang dilakukan oleh guru bidang studi ekonomi di SMAN 1 dan SMAN 2 Jember sudah berpedoman pada KTSP dan butir soal yang dihasilkan telah memiliki tingkat validitas yang tinggi.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries050210301295;
dc.subjectTes Sumatif Semester 1 Tahun Ajaran 2009/2010 Bidang Studi Ekonomi (Studi Kasus Pada Kelas XI di SMAN 1 dan SMAN 2en_US
dc.titleANALISIS VALIDITAS BUTIR SOAL TES SUMATIF SEMESTER 1 TAHUN AJARAN 2009/2010 BIDANG STUDI EKONOMI (STUDI KASUS PADA KELAS XI DI SMAN 1 DAN SMAN 2 JEMBER)en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record