dc.description.abstract | Hasil belajar membaca cerpen siswa kelas V SDN Sumber Pandan 02 setelah
diterapkan pembelajaran resiprokal mengalami peningkatan. Peningkatan
kemampuan membaca siswa dapat dilihat dari perbandingan nilai pada tahap
prasiklus, siklus I, dan siklus II. Pada tahap prasiklus nilai rata-rata siswa 54 dan
siswa yang mendapat nilai 60 (tuntas) sebanyak 5 orang (35,7%). Pada siklus I
setelah diterapkan pembelajaran resiprokal dalam pembelajaran membaca cerpen
terjadi peningkatan hasil belajar, nilai rata-rata siswa 62,5 dan siswa yang mendapat
nilai 60 (tuntas) sebanyak 10 orang (71,4 %). Pada siklus II nilai rata-rata siswa
76,7 dan siswa yang mendapat nilai 60 (tuntas) sebanyak 13 orang (93 %).
Kesimpulan dari penelitian ini adalah kemampuan membaca cerpen siswa kelas
V SDN Sumber Pandan 02 setelah diterapkan pembelajaran resiprokal mengalami
peningkatan. Saran-saran yang dapat diberikan : a) bagi guru, jika guru dalam
pembelajaran bahasa Indonesia khususnya dalam aspek keterampilan membaca ingin
dapat meningkatkan kemampuan membaca siswanya, maka guru dapat menggunakan
strategi pembelajaran resiprokal yang dapat meningkatkan kemandirian dan
kemampuan membaca siswa. b) bagi siswa, siswa sebaiknya lebih banyak latihan
membaca secara bekerjasama dengan temannya, saling membuat dan menjawab
pertanyaan berdasarkan cerita yang dibacanya, kemudian mengklarifikasinya secara
bersama-sama, lalu meringkas hasil membacanya. | en_US |