Show simple item record

dc.contributor.authorrfan Anshari Rahman
dc.date.accessioned2013-12-06T02:05:59Z
dc.date.available2013-12-06T02:05:59Z
dc.date.issued2013-12-06
dc.identifier.nimNIM090210204104
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/5415
dc.description.abstractKeterampilan menulis merupakan salah satu syarat yang harus dikuasai oleh seseorang dalam meningkatkan kemampuan berbahasa. Hal ini sesuai tuntutan kurikulum 2008, GBPP dan suplemen mata pelajaran Bahasa Indonesia untuk Sekolah Dasar, yakni siswa diberi pembelajaran menulis serta penggunaan ejaan dan tanda baca dalam menulis dengan standar kompetensi dan kompetensi dasar yang sesuai. Keterampilan menulis siswa kelas IV SDN 2 Blimbing Situbondo masih rendah, terutama menulis karangan narasi. Hal ini dapat diketahui dari hasil belajar siswa, diantaranya siswa kurang terampil dalam hal keruntutan isi cerita, tidak efektifnya kata yang digunakan, ejaan dan tanda baca yang belum sempurna, serta kurang sesuainya isi cerita dengan judul yang dibuat. Dalam proses pembelajaran, guru masih lebih dominan sehingga timbul pembelajaran satu arah. Kondisi inilah yang menyebabkan rendahnya kemampuan menulis karangan narasi siswa. Permasalahan yang berhubungan dengan rendahnya keterampilan menulis karangan narasi siswa, diperlukan adanya perbaikan dalam pembelajaran. Untuk itu dipilihlah penerapan PAKEM dengan menggunakan metode picture and picture sebagai salah satu upaya untuk memperbaiki rendahnya keterampilan menulis karangan narasi siswa. Dipilihnya PAKEM untuk membuat siswa menjadi aktif sehingga dapat menumbuhkan kreativitas siswa, sedangkan metode picture and picture untuk menumbuhkan imajinasi siswa sehingga dapat memudahkan siswa dalam menulis karangan narasi. Berdasarkan permasalahan di atas, dapat dirumuskan masalah dalam penelitian ini yaitu: Pelaksanaan penelitian dengan menerapkan PAKEM dengan metode picture and picture ini adalah sebanyak dua siklus. Hasil analisis data hasil belajar siswa selama proses pembelajaran mengalami peningkatan secara signifikan. Hal ini terlihat pada perolehan ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal pada siklus 1 yang meningkat menjadi 68,42%. Pada pembelajaran siklus 2, ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal mengalami peningkatan kembali sebesar 21,05% menjadi 89,47%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan PAKEM dengan menggunakan metode picture and picture yang dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan narasi sugestif adalah pembelajaran yang terdiri dari proses persiapan, kegiatan inti, dan kegiatan tindak lanjut, serta terjadi peningkatan secara signifikan dalam hal keterampilan menulis karangan narasi sugestif pada siswa kelas IV SDN 2 Blimbing Situbondo setelah diterapkan PAKEM dengan menggunakan metode picture and picture. Saran atas dasar hasil penelitian ini adalah guru dapat menjadikan penerapan PAKEM dengan menggunakan metode picture and picture sebagai salah satu alternatif untuk memperbaiki dan meningkatkan keterampilan menulis karangan narasi siswa.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries090210204104;
dc.subjectETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI SUGESTIF MELALUI PENERAPAN PAKEM DENGAN MENGGUNAKAN METODE PICTURE AND PICTUREen_US
dc.titlePENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI SUGESTIF MELALUI PENERAPAN PAKEM DENGAN MENGGUNAKAN METODE PICTURE AND PICTURE SISWA KELAS IV SDN 2 BLIMBING SITUBONDO TAHUN PELAJARAN 2012/2013en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record