Show simple item record

dc.contributor.authorIndra Kinanjar Wahyudi
dc.date.accessioned2013-12-06T02:02:46Z
dc.date.available2013-12-06T02:02:46Z
dc.date.issued2013-12-06
dc.identifier.nimNIM070210204324
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/5405
dc.description.abstractSecara spesifik masalah yang berhasil diidentifikasi dalam pembelajaran matematika di SDN Gebang 03 penentuan penerapan metode dalam pembelajaran, matematika selalu dianggap sulit oleh kebanyakan siswa, serta kurang menariknya penggunaan media pembelajaran dalam proses belajar mengajar, karena ketidaksiapan guru dalam membuat media dengan alasan waktu yang terbatas. Hal tersebut sangat berdampak terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika. Sebagai skor awal diambil hasil ulangan pada materi sebelumnya dan menunjukkan bahwa hasil belajar siswa masih rendah, yaitu hanya 60% dari 30 siswa yang mencapai nilai KKM. Rumusan masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah: (1) bagaimanakah penerapan pembelajaran kooperatif dengan bantuan media permainan monopoli pada sub pokok bahasan layang-layang dan trapesium pada siswa kelas V SDN Gebang 03 Patrang Tahun Pelajaran 2010/2011? (2) bagaimanakah peningkatan aktivitas siswa selama penerapan pembelajaran kooperatif dengan bantuan media permainan monopoli (3) bagaimanakah peningkatan ketuntasan hasil belajar siswa setelah penerapan pembelajaran kooperatif dengan bantuan media permainan monopoli. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) untuk mendeskripsikan penerapan pembelajaran kooperatif dengan bantuan media permainan monopoli sub pokok bahasan layanglayang dan trapesium (2) untuk mengetahui bagaimana aktivitas siswa selama penerapan pembelajaran (3) untuk mengetahui bagaimana ketuntasan belajar siswa dengan penerapan pembelajaran kooperatif dengan bantuan media permainan monopoli. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa dibandingkan pembelajaran sebelumnya. Hasil pertemuan, yaitu pada siklus I pertemuan 1, persentase aktivitas siswa mencapai 52,2%, pada pertemun 2 persentase aktivitas siswa mencapai 61%, dan pada pertemun 3 persentase aktivitas siswa mencapai 72% pada siklus II pertemuan 1 mencapai 75%, pertemuan 2 mencapai 80% dan pada pertemuan 3 mencapai 83%. Meski dalam pelaksanaannya masih mengalami sedikit hambatan pada proses permainan. Namun hal itu dapat diatasi dengan memberikan bimbingan yang lebih intensif pada siswa. gtPengambilan data dilaksanakan di SDN Gebang 03 kelas V yang terdiri dari 47 siswa, 26 siswa laki-laki dan 21 siswa perempuan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan sebanyak 2 siklus. Metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Pengambilan data dilakukan mulai tanggal 23 November 2011 sampai 09 Desember 2011. Data yang dikumpulkan berupa aktivitas siswa, aktivitas guru, dan tes individu. Saran yang perlu dipertimbangkan baik bagi guru ataupun peneliti lain yaitu, berdasarkan penelitian penerapan pembelajaran kooperatif dengan bantuan media permainan monopoli dapat dijadikan salah satu alternatif dalam pembelajaran matematika untuk meningkatkan hasil belajar siswa.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries070210204324;
dc.subjectKOOPERATIF DENGAN BANTUAN PERMAINAN MONOPOLI,LAYANG-LAYANG DAN TRAPESIUMen_US
dc.titlePEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN BANTUAN PERMAINAN MONOPOLI POKOK BAHASAN LAYANG-LAYANG DAN TRAPESIUM UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SDN GEBANG 03 TAHUN 2011/2012en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record