dc.description.abstract | Prestasi belajar mahasiswa yang berupa indeks prestasi dapat dipengaruhi oleh
faktor internal (berupa minat belajar) dan faktor eksternal (berupa biaya pendidikan).
Permasalahan dalam penelitian ini bagaimanakah pengaruh minat belajar dan biaya
pendidikan terhadap prestasi belajar pada mahasiswa Program Studi Pendidikan
Ekonomi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Angkatan Tahun 2007 di
Universitas Jember. Tujuan dalam penelitian ini menjelaskan pengaruh minat belajar
dan biaya pendidikan terhadap prestasi belajar pada mahasiswa Program Studi
Pendidikan Ekonomi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Angkatan Tahun 2007
di Universitas Jember
Populasi penelitian adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi
angkatan tahun 2007 Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember
sebanyak 78 mahasiswa. Dengan kriteria mahasiswa indekost, mahasiswa yang tidak
mendapatkan uang beasiswa, dan mahasiswa tidak bekerja. Karena jumlah
populasinya kurang dari 100 maka penelitian ini termasuk penelitian populasi
sehingga 78 mahasiswa menjadi sampel penelitian. Variabel yang diteliti adalah
faktor minat belajar (X
1
), faktor biaya pendidikan (X
), dan prestasi belajar (Y).
Pengumpulan data menggunakan instrumen yang telah teruji validitas dan
reliabilitasnya. Metode yang digunakan adalah metode analisis deskriptif dan analisis
inferensial.
viii
2
Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data, diperoleh persamaan regresi
Y = 1,070 + 0,369X
1
+ 0,454X
2
+ e
, sehingga terdapat pengaruh yang positif dan
signifikan antara faktor minat belajar dan faktor biaya pendidikan terhadap prestasi
i
belajar mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi angkatan tahun 2007 Fakultas
Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember. Dari hasil uji F atau simultan
diperoleh F
hitung
sebesar 65,25 dan F
sebesar 3,12 maka (65,25 ≥ 3,12) yang berarti
signifikan dan menerima hipotesis alternatif. Hasil pengujian secara parsial faktor
minat belajar diperoleh t
hitung
tabel
sebesar 3,674 dan t
sebesar 1,991 dengan nilai
signifikansi (3,674 ≥ 1,991), t
hitung
sebesar 5,861 dan t
tabel
sebesar 1,991 untuk variabel
faktor biaya pendidikan dengan nilai signifikansi (5,861 ≥ 1,991), hal ini berarti
hipotesis alternatif diterima. Koefisien determinan R2 sebesar 79,7%, sedangkan
sisanya 20,3% dipengaruhi oleh faktor lain diluar penelitian ini. Besarnya kontribusi
atau sumbangan secara parsial masing-masing adalah 23% untuk variabel faktor
minat belajar, dan 40,5% untuk variabel faktor biaya pendidikan.
tabel
Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa faktor minat
belajar dan faktor biaya pendidikan ada pengaruh yang positif terhadap prestasi
belajar mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi angkatan tahun 2007 Fakultas
Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember baik secara simultan maupun
parsial. Berdasarkan hasil penelitian ini juga dapat diketahui bahwa variabel biaya
pendidikan (X2) merupakan variabel yang dominan berpengaruh terhadap pretasi
belajar mahasiswa (Y). Hal ini menunjukkan bahwa biaya pendidikan terhadap
prestasi belajar mahasiswa merupakan faktor yang utama terhadap terjadinya
peningkatan prestasi belajar. Hal ini sangat relevan karena peningkatan prestasi
belajar harus didukung dengan adanya kelengkapan fasilitas belajar selama masa
perkuliahan demi meningkatkan prestasi belajar. Variabel minat belajar kurang
mendominasi terhadap prestasi belajar mahasiswa dapat disebabkan oleh beberapa
hal. Salah satunya berbedanya kemampuan setiap mahasiswa dalam menyerap
informasi dan pengetahuan, khususnya yang disajikan di kelas serta kurangnya minat
belajar yang disebabkan kurang efektifnya waktu belajar mahasiswa itu sendiri, yang
tidak bisa memanfaatkan waktu luang dengan sebaik-baiknya, atau kurangnya buku
pribadi karena tidak ada niat untuk membeli buku atau terbentur dengan keadaan
ekonomi yang kurang mendukung. | en_US |