Show simple item record

dc.contributor.authorDWI MILASARI
dc.date.accessioned2013-12-06T01:51:24Z
dc.date.available2013-12-06T01:51:24Z
dc.date.issued2013-12-06
dc.identifier.nimNIM090210204179
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/5380
dc.description.abstractRendahnya nilai hasil belajar Matematika di sekolah disebabkan oleh beberapa faktor antara lain; siswa masih banyak yang kesulitan dalam menyelesaikan soal matematika dalam bentuk cerita, pembelajaran yang dilakukan guru masih menggunakan sistem konvensional. Hal ini terlihat pada saat pembelajaran dimana pembelajaran masih didominasi oleh guru dan siswa hanya duduk diam mendengarkan . Penerapan model Polya dapat menimbulkan kondisi belajar yang menyenangkan, meningkatkan aktivitas siswa, membantu siswa dalam memahami materi KPK dan FPB melalui belajar secara berkelompok, sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Menurut Polya, solusi soal pemecahan masalah memuat empat langkah yaitu (1) memahami masalah, (2) merencanakan penyelesaian, (3) menyelesaikan masalah sesuai rencana, (4) melakukan pengecekan kembali. Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) menerapkan pembelajaran pemecahan masalah Matematika model Polya pada siswa kelas V SDN Sukosari 01 Sukowono tahun ajaran 2011/2012, (2) meningkatkan aktivitas siswa kelas V SDN Sukosari 01 Sukowono tahun ajaran 2011/2012 dengan menerapkan Model Polya pada pokok bahasan KPK dan FPB. (3) meningkatkan hasil belajar siswa dalam menyelesaikan soal cerita siswa kelas V SDN Sukosari 01 Sukowono tahun ajaran 2011/2012 dengan menerapkan Model Polya pada pokok bahasan KPK dan FPB. Penelitian ini dilakukan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa melalui penerapan model Polya pada siswa Kelas V SDN Sukosari 01 Sukowono Tahun Ajaran 2011/2012. Pengambilan data dalam penelitian ini, dilaksanakan di SDN Sukosari 01 Sukowono, mulai tanggal 12 September 2011 sampai tanggal 24 viii September 2011, subyek penelitian adalah siswa kelas V dengan jumlah siswa 38 anak, terdiri dari 19 siswa laki-laki dan 19 siswa perempuan. Jenis penelitian ini adalah menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pengumpulan data menggunakan metode wawancara, dokumentasi, observasi, dan tes. Data yang dikumpulkan berupa jawaban siswa terhadap tes akhir siklus I, dan tes akhir siklus II, aktivitas siswa selama proses pembelajaran Matematika, dan jawaban siswa terhadap wawancara yang dilakukan guru.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries090210204179;
dc.subjectMODEL POLYA, PEMECAHAN MASALAHen_US
dc.titlePENERAPAN PEMBELAJARAN PEMECAHAN MASALAH MODEL POLYA UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR POKOK BAHASAN KPK DAN FPB SISWA KELAS V SDN SUKOSARI 01 SUKOWONO TAHUN PELAJARAN 2011-2012en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record