dc.description.abstract | Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas secara
kolaboratif. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, dilakukan secara kolaboratif
antara peneliti dan guru. Data penelitian diperoleh dari hasil observasi, tes,
wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang dilakukan yaitu data deskriptif
kualitatif.
Hasil penelitian diperoleh dari proses penerapan media gambar seri yang
dapat meningkatkan kemampuan menulis karangan sederhana. Melalui media gambar
seri, secara umum setelah digunakan media gambar seri kemampuan siswa dalam
menulis karangan saderhana meningkat, dimana siswa mampu menulis karangan
sederhana dengan benar sesuai dengan stuktur karangan sederhana. Setelah dirataratakan,
pembelajaran menggunakan media gambar seri dapat meningkatkan
kemampuan menulis karangan sederhana. Hal ini nampak dari peningkatan
ketuntasan siswa dari siklus I mencapai 63% sedangkan pada siklus II terjadi
peningkatan kemampuan menulis karangan sebesar 86%. Peningkatan tingkat
ketuntasan siswa dari siklus I ke siklus II menunjukkan bahwa secara klasikal media
gambar seri berhasil membuat siswa aktif selama pembelajaran berlangsung.
Saran yang ingin disampaikan yaitu siswa, hendaknya meningkatkan minatnya
terhadap menulis. Bagi guru hendaknya menggunakan gambar seri sebagai media
pembelajaran untuk membantu siswa dalam meningkatkan kemampauan siswa dalam
menulis karangan sederhana dan memotivasi siswa untuk berkarya. Bagi peneliti lain,
hendaknya penelitian ini dijadikan sarana pengetahuan dan timbul ide serta gagasan
untuk lebih meneliti dalam setiap pelaksanaan belajar mengajar. | en_US |