Show simple item record

dc.contributor.authorDIAH KURNIA YULIANTI
dc.date.accessioned2013-12-06T01:43:13Z
dc.date.available2013-12-06T01:43:13Z
dc.date.issued2013-12-06
dc.identifier.nimNIM080210204311
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/5365
dc.description.abstractMata pelajaran IPS merupakan perpaduan konsep-konsep ilmu sosial, ini menyebabkan penyampaian dan penerimaan siswa dalam pembelajaran mengalami kendala-kendala, hal ini disebabkan karena sebagian besar dari guru lebih sering menggunakan model pembelajaran konvensional dengan metode ceramah dan kurang menggunakan model pembelajaran yang lain yang lebih kreatif dan inovatif dalam menyampaikan materi pelajaran di sekolah. Guru masih beranggapan bahwa pembelajaran IPS hanya bersifat hafalan, sehingga hanya cukup dengan membaca, menulis, menerangkan, dan mengerjakan soal. SD Negeri Bintoro 01 merupakan salah satu lembaga pendidikan tingkat dasar yang terletak di Kecamatan Patrang Kabupaten Jember yang masih mengunakan metode ceramah. Berdasarkan hasil obsevasi dan wawancara dengan guru IPS di SDN Bintoro 01 dapat diperoleh rumusan masalah yaitu : 1). bagaimana proses penerapan model pembelajaran kooperatif teknik Jigsaw dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar pada pelajaran IPS kelas V di SDN Bintoro 01 Jember ? 2). bagaimana aktivitas belajar siswa dapat meningkat dari rendah menjadi tinggi setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif teknik Jigsaw di SDN Bintoro 01 Jember ? 3). bagaimana hasil belajar siswa dapat meningkat sampai memenuhi kriteria ketuntasan minimal setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif teknik Jigsaw di SDN Bintoro 01 Jember ?en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080 210 204 311;
dc.subjectAKTIVITAS DAN HASIL BELAJARen_US
dc.titlePENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V PADA MATA PELAJARAN IPS DI SDN BINTORO 01 JEMBER MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK JIGSAWen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record