Show simple item record

dc.contributor.authorERNI IRAWATI
dc.date.accessioned2013-12-06T01:43:11Z
dc.date.available2013-12-06T01:43:11Z
dc.date.issued2013-12-06
dc.identifier.nimNIM060210391016
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/5363
dc.description.abstractPendidikan merupakan faktor pendukung yang memegang peranan disegala sektor. Lembaga pendidikan harus mempunyai strategi khusus yang berbeda dengan sekolah lain agar bisa menarik minat siswa untuk memilih sekolah tersebut. Besar kecilnya kemampuan untuk memperoleh siswa tergantung dari penyampaian informasi tentang sekolah yang bersangkutan, yang secara nyata terlihat dari strategi bauran pemasaran jasa yang diterapkan oleh setiap sekolah. Bauran pemasaran jasa merupakan suatu kegiatan unit usaha untuk memberikan layanan atau menyampaikan jasa pendidikan bagi siswa dengan cara memuaskan. Keputusan memilih oleh siswa dipengaruhi oleh strategi bauran pemasaran jasa yang terdiri dari : produk, harga, tempat, promosi, bukti fisik, orang dan proses. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan dari bauran pemasaran jasa (produk, harga, tempat, promosi, bukti fisik, orang, dan proses) terhadap pengambilan keputusan siswa dalam memilih pendidikan di SMA Muhammadyah 3 Jember, serta manakah faktor yang berpengaruh paling dominan terhadap pengambilan keputusan siswa dalam memilih pendidikan tersebut. Metode penentuan lokasi penelitian secara metode purposive yaitu ditentukan secara sengaja di SMA Muhammadyah 3 Jember. Metode pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah populasi sebanyak 88 siswa, sedangkan metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, angket, wawancara, dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis statistik secara regresi linier berganda. Hasil penelitian membuktikan bahwa bauran pemasaran jasa (produk, harga, tempat, promosi, bukti fisik, orang dan proses) secara simultan mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap pengambilan keputusan siswa dalam memilih pendidikan di SMA Muhammadyah 3 Jember. Hal ini dibuktikan dari hasil perhitungan uji F, dimana F hitung > Ftabel yaitu 43,61 > 2,13 dengan  =0,05 > Sig F = 0,000 dan koefisien determinasi (R square) sebesar 0,792 atau 79,2 %. Secara parsial diperoleh data bahwa variabel bukti fisik (X 5) mempunyai pengaruh yang paling dominan terhadap pengambilan keputusan siswa. Hal tersebut ditunjukkan dengan nilai hasil uji t, yaitu X 1 = 3,083, X2 = 3,165, X3 = 2,562, X4 = 2,808, X5 = 3,213, X6 = 2,484, dan X 7 = 3,140. Selain itu juga dapat dilihat melalui proporsi sumbangan dari masing-masing variabel, yaitu produk sebesar 9,03%; harga sebesar 13,20%; tempat sebesar 11,39%; promosi sebesar 10,49%; bukti fisik sebesar 15,23%; orang sebesar 7,73% dan proses sebesar 12,10%. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa pengaruh bauran pemasaran jasa (produk, harga, tempat, promosi, bukti fisik, orang dan proses) dapat memberikan kontribusi yang positif terhadap pengambilan keputusan siswa memilih pendidikan. Hal itu dikarenakan dengan adanya strategi bauran pemasaran yang baik maka siswa akan bersedia untuk memilih pendidikan di sekolah tersebut. Misalnya dengan menawarkan produk yang menarik, harga yang ditetapkan terjangkau, tempat yang strategis, promosi yang menarik, bukti fisik yang memadai, orang yang berkompeten dan proses pelayanan jasa yang baik, kesemuanya itu sangat berpengaruh terhadap keputusan siswa untuk memilih pendidikan.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries060210391016;
dc.subjectKeputusan Siswa Memilih Pendidikan Di SMA Muhammadiyah 3 Jemberen_US
dc.titlePENGARUH BAURAN PEMASARAN JASA TERHADAP KEPUTUSAN SISWA DALAM MEMILIH PENDIDIKAN DI SMA MUHAMMADIYAH 3 JEMBER (Studi Kasus Pada Siswa Kelas X Tahun Ajaran 2010/2011)en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record