dc.description.abstract | Persepsi dan motivasi belajar merupakan faktor yang dapat mempengaruhi hasil
belajar siswa khususnya pada pelajaran akuntansi. Adanya dukungan persepsi yang
positip terhadap mata pelajaran akuntansi dan motivasi belajar yang tinggi dapat
meningkatkan hasil belajar akuntansi yang optimal, begitu pula sebaliknya daya
dukung dari persepsi yang negatip akan menyebabkan siswa tidak mempunyai
keinginan untuk belajar. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui adakah pengaruh
yang signifikan dari persepsi dan motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar siswa
kelas XI IPS SMA Negeri 1 Gambiran semester ganjil tahun ajaran 2010/2011, serta
manakah variabel yang berpengaruh paling dominan terhadap hasil belajar siswa.
Metode yang dipakai untuk penentuan tempat penelitian adalah purposive area
yaitu SMA Negeri 1 Gambiran kelas XI IPS semester ganjil tahun ajaran 2010/2011.
Metode pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan teknik
populasi, dengan jumlah responden sebanyak 100 siswa. Metode pengumpulan data
menggunakan metode angket, dokumen, wawancara, dan observasi. Analisis data
yang digunakan adalah analisis statistk inferensial dengan menggunakan rumus
regresi linier untuk menguji hipotesis penelitian.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan persepsi dan motivasi
belajar siswa berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPS SMA
Negeri 1 Gambiran semester ganjil tahun ajaran 2010/2011. Hal ini ditunjukkan dari
hasil perhitungan F
hitung
> F
tabel
8
koefisien determinasi
square
motivasi belajar siswa memberikan sumbangan sebesar 82% terhadap hasil belajar.
Secara parsial besarnya proporsi sumbangan variabel persepsi
motivasi belajar
bebas terhadap variabel terikat diberikan oleh variabel persepsi ( | en_US |