Show simple item record

dc.contributor.authorAnna Shylvie
dc.date.accessioned2013-12-06T01:20:00Z
dc.date.available2013-12-06T01:20:00Z
dc.date.issued2013-12-06
dc.identifier.nimNIM070210204159
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/5325
dc.description.abstractRendahnya aktivitas dan hasil belajar IPA siswa merupakan alasan mengapa kita harus merefleksi setiap kegiatan pembelajaran dikelas. Salah satu cara untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar, guru harus berperan aktif untuk menerapkan metode dan menggunakan media pembelajaran yang dapat mendekatkan IPA kepada siswa dan kesempatan lebih banyak untuk berpartisipasi aktif. Melalui penerapan metode Buzz Group disertai media sederhana diharapkan dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar. Buzz Group merupakan salah satu metode diskusi kelompok kecil (3-6 orang) yang melatih siswanya untuk aktif mengeluarkan pendapat. Pembelajaran dengan metode Buzz Group dapat melatih siswa yang malu-malu menjadi lebih berani dalam mengeluarkan pendapatnya. Dengan demikian Buzz Group dapat meningkatkan aktivitas siswa di kelas. Penerapan Buzz Group disini disertai dengan penggunaan media sederhana agar siswa menjadi lebih mudah dalam menerima materi. Pembelajaran dilakukan sebanyak 2 siklus dimana setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Sumber Pandan 1 Bondowoso dengan jumlah siswa 15 anak. Jenis penelitian ini adalah PTK dengan desain model skema spiral dari Hopkins dimana tahap penelitian tindakan yang meliputi perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, tes, wawancara dan dokumentasi. Data yang dianalisis berupa aktivitas siswa selama proses pembelajaran IPA, jawaban siswa terhadap post tes pra siklus, siklus 1 dan 2 serta jawaban siswa terhadap wawancara 11 yang dilakukan peneliti. Pengambilan data dilaksanakan mulai tanggal 22 Agustus 2011 sampai dengan tanggal 17 september 2011. Dalam penerapannya, metode dan media tersebut mampu meningkatkan aktivitas dan hasil belajar di kelas secara bertahap. Hasil analisis observasi aktivitas siswa selama 4 kali proses pembelajaran dari 4 (36,36%) siswa yang aktif menjadi 10 (66,67%) siswa aktif, meningkat lagi menjadi 15 (100%) dan akhirnya terdapat 15 (100%) siswa aktif. Hasil belajar siswa setelah mengikuti pembelajaran Buzz Group disertai media sederhana juga mengalami peningkatan. Berdasarkan analisis hasil post tes siswa pada pra siklus terdapat 9 siswa yang tuntas belajar dan 6 siswa tidak tuntas. Pada siklus 1 terdapat 11 siswa yang dinyatakan tuntas dan 4 siswa tidak tuntas. Pada siklus 2 terdapat 14 siswa yang tuntas dan 1 siswa yang dinyatakan tidak tuntas. Kesimpulan dari penelitian ini adalah (1) siswa mengalami peningkatan aktivitas terlihat pada siklus 1 pertemuan I pembelajaran tergolong kurang tuntas (36,36%), pada siklus 1 pertemuan II pembelajaran tergolong tuntas (66,67%), pada siklus 2 pertemuan I tergolong sangat tuntas (100%), pada siklus 2 pertemuan II tergolong sangat tuntas (100%). (2) siswa mengalami peningkatan hasil belajar yakni pada pra siklus sebesar 60%, siklus I sebsesar 73 % dan pada siklus 2 sebesar 93%. Sehingga dalam penerapannya, Buzz Group disertai media sederhana dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Sumber pandan 1 Bondowoso. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan manfaat kepada para peneliti lain yang akan menerapkan metode pembelajaran Buzz Group. Bagi guru yang mengajar IPA hendaknya menciptakan suasana yang dapat mendekatkan IPA kepada muridnya. Bagi peneliti lain yang akan menerapkan metode ini diharapkan untuk memilih mata pelajaran yang sesuai dan memanajemen waktu dengan sebaik mungkin.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries.070210204159;
dc.subjectAktivitas dan Hasil Belajar IPA, Buzz Groupen_US
dc.titlePeningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SDN Sumber Pandan 1 Bondowoso Melalui Implementasi Metode Buzz Group disertai Media Sederhanaen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record