Show simple item record

dc.contributor.authorIKA JANUARTA YULI PRASTIKA
dc.date.accessioned2013-12-06T01:17:38Z
dc.date.available2013-12-06T01:17:38Z
dc.date.issued2013-12-06
dc.identifier.nimNIM090210204003
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/5318
dc.description.abstractPenelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil observasi awal yang menunjukkan motivasi dan hasil belajar siswa di SDN Kotaanyar III rendah. Faktor penyebab rendahnya motivasi dan hasil belajar siswa adalah cara mengajar guru yaitu guru masih menggunakan metode ceramah, penugasan, kurang adanya media ajar dan alat peraga yang menyebabkan siswa pasif dalam pembelajaran. Oleh karena itu, perlu dilaksanakan model pembelajaran ARIAS Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimanakah peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa kelas V SDN Kotaanyar III Probolinggo dalam pembelajaran IPA pokok bahasan pesawat sederhana melalui model pembelajaran ARIAS dengan Metode Eksperimen. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini yaitu untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas V SDN Kotaanyar III Probolinggo dalam pembelajaran IPA pokok bahasan pesawat sederhana melalui model pembelajaran ARIAS dengan Metode Eksperimen. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran ARIAS dengan metode eksperimen meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas V pokok bahasan pesawat sederhana mata pelajaran IPA di SDN Kotaanyar III Probolinggo. Peningkatan dapat dilihat dari persentase motivasi siswa yang diperoleh pada siklus I sebesar 62,14% dan meningkat menjadi 88% pada siklus II. Dengan diterapkan model pembelajaran ARIAS dengan metode eksperimen, motivasi belajar siswa meningkat dari kriteria tinggi menjadi kriteria sangat tinggi. Peningkatan hasil belajar siswa sebelum penerapan model pembelajaran ARIAS dengan metode eksperimen sebesar 40%kemudian setelah dilakukan tindakan siklus I meningkat menjadi 50% dan meningkat pula di siklus II sebesar 78,5%. Berdasarkan hasil tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran ARIAS dengan metode eksperimen dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas V pokok bahasan pesawat sederhana mata pelajaran IPA di SDN Kotaaanyar III Probolinggo tahun pelajaran 2012/2013. Saran kepada guru yaitu hendaknya dapat menerapkan model pembelajarana ARIAS dengan metode eksperimen sebagai alternatif pembelajaran untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries090210204003;
dc.subjectMODEL PEMBELAJARAN ARIAS ASSURANCE, RELEVANCE, INTEREST, ASSESSMENT, SATISFACTION,METODE EKSPERIMEN UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASIen_US
dc.titlePENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ARIAS METODE EKSPERIMEN UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V MATA PELAJARAN IPA POKOK BAHASAN PESAWAT SEDERHANA DI SDN KOTAANYAR III PROBOLINGGO TAHUN PELAJARAN 2012/2013en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record