dc.contributor.author | IKA JANUARTA YULI PRASTIKA | |
dc.date.accessioned | 2013-12-06T01:17:38Z | |
dc.date.available | 2013-12-06T01:17:38Z | |
dc.date.issued | 2013-12-06 | |
dc.identifier.nim | NIM090210204003 | |
dc.identifier.uri | http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/5318 | |
dc.description.abstract | Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil observasi awal yang menunjukkan
motivasi dan hasil belajar siswa di SDN Kotaanyar III rendah. Faktor penyebab
rendahnya motivasi dan hasil belajar siswa adalah cara mengajar guru yaitu guru
masih menggunakan metode ceramah, penugasan, kurang adanya media ajar dan alat
peraga yang menyebabkan siswa pasif dalam pembelajaran. Oleh karena itu, perlu
dilaksanakan model pembelajaran ARIAS
Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimanakah peningkatan
motivasi dan hasil belajar siswa kelas V SDN Kotaanyar III Probolinggo dalam
pembelajaran IPA pokok bahasan pesawat sederhana melalui model pembelajaran
ARIAS dengan Metode Eksperimen. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini
yaitu untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas V SDN Kotaanyar
III Probolinggo dalam pembelajaran IPA pokok bahasan pesawat sederhana melalui
model pembelajaran ARIAS dengan Metode Eksperimen.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran ARIAS
dengan metode eksperimen meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas V
pokok bahasan pesawat sederhana mata pelajaran IPA di SDN Kotaanyar III
Probolinggo. Peningkatan dapat dilihat dari persentase motivasi siswa yang diperoleh
pada siklus I sebesar 62,14% dan meningkat menjadi 88% pada siklus II. Dengan
diterapkan model pembelajaran ARIAS dengan metode eksperimen, motivasi belajar
siswa meningkat dari kriteria tinggi menjadi kriteria sangat tinggi. Peningkatan hasil
belajar siswa sebelum penerapan model pembelajaran ARIAS dengan metode
eksperimen sebesar 40%kemudian setelah dilakukan tindakan siklus I meningkat
menjadi 50% dan meningkat pula di siklus II sebesar 78,5%.
Berdasarkan hasil tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa model
pembelajaran ARIAS dengan metode eksperimen dapat meningkatkan motivasi dan
hasil belajar siswa kelas V pokok bahasan pesawat sederhana mata pelajaran IPA di
SDN Kotaaanyar III Probolinggo tahun pelajaran 2012/2013. Saran kepada guru yaitu
hendaknya dapat menerapkan model pembelajarana ARIAS dengan metode
eksperimen sebagai alternatif pembelajaran untuk meningkatkan motivasi dan hasil
belajar siswa. | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.relation.ispartofseries | 090210204003; | |
dc.subject | MODEL PEMBELAJARAN ARIAS ASSURANCE, RELEVANCE, INTEREST, ASSESSMENT, SATISFACTION,METODE EKSPERIMEN UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI | en_US |
dc.title | PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ARIAS METODE EKSPERIMEN UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V MATA PELAJARAN IPA POKOK BAHASAN PESAWAT SEDERHANA DI SDN KOTAANYAR III PROBOLINGGO TAHUN PELAJARAN 2012/2013 | en_US |
dc.type | Other | en_US |