dc.description.abstract | Penelitian dilaksanakan di SDN Tegalwaru 04 Kecamatan Mayang Kabupaten Jember kelas IV yang terdiri dari 10 siswa, 6 siswa laki-laki dan 4 siswa perempuan. Siswa dibagi menjadi 3 kelompok yang heterogen. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dan jenis penelitiannya adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan sebanyak 2 siklus. Metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Sedangkan deskriptif kuantitatif untuk menganalisis tes individu. Pengambilan datadilkukan tanggal 16 Maret 2011 sampai 28 Mei 2011 dengan subjek penelitian siswa kelas IV SDN Tegalwaru 04 Kecamatan Mayang Kabupaten Jember. Data yang dikumpulkan berupa aktifitas iswa, aktifitas guru, dan tes individu. Berdasarkan data yang diperoleh dari hasil observasi diketahui bahwa presentase aktifitas siswa selama pembelajaran IPS pokok bahasan masalah-masalah social adalah : pada siklus Iprosentase hasil aktifitas siswa dengan criteria baik sebesar 60%, siklus II sebesar 80%. Dari hasil tes akhir yang dilakukan siswa, terdapat 10% siswa dengan
vi
criteria hasil belajar kurang, dan 20% dengan criteria hasil belajar cukup. Berdasarkan hasil tersebut diketahui bahwa presentase ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal adalah 80%.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah siswa mengalami peningkatan aktifitas dan hasil belajar pada materi masalah-masalah social dapat menciptakan pembelajaran yang aktif dan merangsang siswa untuk lebih berani mengungkapkan pendapat, memotivasi siswa untuk meningkatkan hasil belajar serta dapat meningkatkan keakraban siswa. | en_US |