Show simple item record

dc.contributor.authorFachrur Rozie, A. Ma
dc.date.accessioned2013-12-06T00:34:43Z
dc.date.available2013-12-06T00:34:43Z
dc.date.issued2013-12-06
dc.identifier.nimNIM080210204250
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/5272
dc.description.abstractDalam pembelajaran IPA di SD Negeri Bintoro 02 Jember, khususnya pada kelas V (lima) masih terlihat penerapan pendidikan yang bersifat mengejar target yang berorientasi pada ujian akhir, sehingga dalam pembelajaran tersebut para siswa kurang terlibat secara aktif dalam kegiatan pembelajaran. Kondisi tersebut membuat siswa kurang mampu untuk memperkaya belajarnya dengan meningkatkan interaksi pada lingkungannya. Pemahaman dan pengetahuan terhadap dunia sekitarnya kurang terbentuk. Mereka belum bisa membangun pengetahuan dan kepercayaan dirinya, maupun kemampuan berinteraksi dengan berbagai individu atau kelompok yang beragam di masyarakat. Penerapan cara belajar seperti ini membuat siswa kurang bisa mengaplikasikan apa yang telah diperoleh di kelas ke dalam kehidupan nyata, karena banyak pembelajaran/materi IPA yang berhubungan secara langsung dengan kondisi nyata. Salah satu usaha yang belum diterapkan secara optimal, yaitu bagaimana memahami kedudukan metode sebagai salah satu komponen yang ikut ambil bagian bagi keberhasilan kegiatan belajar-mengajar. Berdasarkan penjelasan tersebut, maka peneliti mencoba menerapkan metode pembelajaran Portofolio dengan pendekatan STM pada mata pelajaran IPA siswa kelas V SD Negeri Bintoro 2 dengan tujuan untuk peningkatan aktifitas dan hasil belajar IPA siswa. Jenis penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan di SD Negeri Bintoro 02 Jember dengan jumlah Siswa Sebanyak 37 Siswa. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa kelas V ( Lima ) dan guru kelas V ( Lima ) SD Negeri Bintoro 02 Jember, serta data yang mendukung untuk penyempurnaan penelitian ini. Rancangan penelitian yang digunakan meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, refleksi. Untuk menganalisis data yang nantinya diperoleh peneliti menggunakant tabel peningkatan hasil belajar siswa dan persentase aktivitas belajar siswa guna mengtahui kemajuan siswa. Dari penelitian yang dilaksanakan, aktifitas belajar siswa kelas V (lima) SD Negeri Bintoro 02 mengalami peningkatan setelah mengikuti pembelajaran IPA menggunakan metode portofolio dengan pendekatan STM secara klasikal untuk tiaptiap pertemuan mengalami peningkatan. Rata-rata pada siklus I, aktifitas mencapai 75, 7 % dan pada siklus II aktifitas siswa mencapai 81, 1 %. Persentase hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan terlihat pada siklus I adalah 64, 9 % dengan 13 siswa belum tuntas dan pada siklus II adalah 83, 8 % dengan 6 siswa belum tuntas. Dengan demikian dapat disimpulkan pembelajaran dikatakan tuntas dan meningkat pada setiap pertemuan.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080210204250;
dc.subjectAktifitas dan Hasil Belajar IPA, Metode Portofolio, Sain Teknologi Masyarakat (STM)en_US
dc.titlePENINGKATAN AKTIFITAS DAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI METODE PORTOFOLIO DENGAN PENDEKATAN SAIN TEKNOLOGI MASYARAKAT (STM) PADA SISWA KELAS V SD NEGERI BINTORO 02 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2010/2011en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record