Show simple item record

dc.contributor.authorRIA ERLINDA
dc.date.accessioned2013-12-05T14:10:26Z
dc.date.available2013-12-05T14:10:26Z
dc.date.issued2013-12-05
dc.identifier.nimNIM070210302060
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/5251
dc.description.abstractSelama ini pendidikan sejarah diidentikan sebagai pembelajaran yang membosankan di kelas. Strategi pembelajaran yang digunakan oleh guru dalam proses pembelajaran hendaknya harus tepat dan juga memikirkan bagaimana materi yang disampaikan dapat diterima dengan baik oleh siswa tanpa menambah ataupun menimbulkan terjadinya miskonsepsi. Proses berpikir secara induktif akan mengarahkan siswa berpikir secara bertahap, dari hal-hal yang bersifat khusus ke hal-hal yang bersifat umum. Siswa diharapkan menjadi terlatih untuk berpikir secara ilmiah, mengolah fakta-fakta sampai dengan pembentukan teori yang mereka temukan sendiri dengan bimbingan guru, sehingga siswa dapat belajar dengan bermakna. Untuk membantu siswa merekam materi pembelajaran sebagai hasil dari proses pembelajaran berpikir induktif maka digunakan media peta keterkaitan konsep Permasalahan yang diajukan dalam penelitian ini yaitu: Apakah penerapan model pembelajaran berpikir induktif dengan peta keterkaitan konsep dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajarans sejarah di vii kelas XI IPS 2 di SMA Negeri 1 Besuki ajaran 2012/2013. Tujuan yang ingin dicapai oleh penulis adalah mengkaji pencapaian peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran sejarah dengan menggunakan model pembelajaran berpikir induktif dengan peta keterkaitan konsep Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan langkah-langkah: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Pendekatan yang digunakan untuk mengkaji permasalahan adalah pendekatan kualitatif dan pendekatan kuantitatif. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, tes, dan metode dokumentasi. Penerapan model pembelajaran berpikir induktif dengan peta keterkaitan konsepen_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries070210302060;
dc.subjectMODEL PEMBELAJARAN ,BERPIKIR INDUKTIF DENGAN PETA KETERKAITAN KONSEP SMA NEGERI 1 BESUKI.en_US
dc.titleENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERPIKIR INDUKTIF DENGAN PETA KETERKAITAN KONSEP MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KELAS XI IPS 2 DI SMA NEGERI 1 BESUKI TAHUN AJARAN 2012/2013en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record